Analisis motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang terhadap pembelajaran quantum teaching-mind mapping pada materi sistem koloid / Nanda Elok Mayangsari

Main Author: Mayangsari, Nanda Elok
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21858/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranQuantumTeaching-MindMappingMotivasiBelajarHasilBelajar.Dalamprosesbelajarmengajarsegalasesuatunyaberartimulaidarisetiapkatapikirandanasosiasisertasampaisejauhmanalingkunganitudirubahpresentasidanrancanganpengajaransejauhitupulaprosesbelajarberlangsung.Guruperlumendalamikeadaansiswa-siswanyadenganberusahamemahamiberbagaikebutuhanyangdiperlukanolehsiswanya.Kegiatanyangdilakukansiswadipengaruhiolehmotivasi.Motivasidapatdiinterpretasikandaritingkahlakuyangdapatdiketahuidarihasilbelajar.Guruperlumenciptakanpembelajaranaktifyangdapatmenimbulkanmotivasipadadirisiswaagarsiswamempunyaiprestasiyangoptimal.PembelajaranQuantumTeaching-MindMappingmerupakanperpaduanpembelajarandimanakegiatandenganperandanfungsinyayangsalingmendukunguntukmenunjangkegiatanpembelajaranyanglebihvariatifdanbermakna.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuibagaimanamotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajaranQuantumTeaching-MindMappingdibandingkansiswayangdiajardenganpembelajaranQuantumTeachingpadamaterisistemkoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.KelaseksperimenmenggunakanpembelajaranQuantumTeaching-MindMappingdankelaskontrolmenggunakanpembelajaranQuantumTeaching.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXISMANegeri1Kepanjentahunajaran2010/2011.PengambilansampeldilakukandengantekniktidakacakdenganpertimbanganpenyamaanbebankelasyaitukelasXIIPA1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuan(silabusRPPhandoutdanworksheet)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajarangketmotivasidanlembarobservasi).Instrumenteshasilbelajarterdiridari30butirsoalvaliddengannilaireliabilitassebesar073.AnalisisdatapenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikberupaujitdanujiMannWhitneydengantarafsignifikansi9450050.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.HasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajaranQuantumTeaching-MindMappingdapatberjalandenganbaik.Motivasibelajarkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganmotivasibelajarkelaskontrol.Padakelaseksperimenpersentasekeseluruhansiswayangsangattermotivasisebesar72%sedangkanpadakelaskontrolhanya56%.Berdasarkanujitdiperolehnilaithitungsebesar1907danttabelsebesar1670sehinggamotivasibelajarkelaseksperimenterbuktilebihbaikdarikelaskontrol.Hasilbelajarkognitifkelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontroldengannilairata-ratakelaseksperimensebesar824sedangkannilairata-ratakelaskontrolsebesar792.Hasilbelajarafektifkelaseksperimenjugalebihbaikdaripadakelaskontroldengannilairata-ratakelaseksperimensebesar78sedangkannilairata-ratakelaskontrolsebesar71.Hasilbelajarpsikomotorkelaseksperimenjugalebihbaikdaripadakelaskontroldengannilairata-ratakelaseksperimensebesar82sedangkannilairata-ratakelaskontrolsebesar77.BerdasarkanujiMannWhitneypadahasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotormembuktikanbahwahasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotorkelaseksperimenlebihbaikdarikelaskontrol.