Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis masalah (problem based learning) untuk SMA/MA SBI kelas XI semester 2 pada materi pokok larutan penyangga / Mira Pusparini

Main Author: Pusparini, Mira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21856/
Daftar Isi:
  • KatakunciPerangkatpembelajaranProblemBasedLearningSBILarutanPenyanggaPerkembanganglobalmembutuhkansuatuterobosanpembelajaranyangefektifdanmemenuhiStandarNasionalPendidikan(SNP).UpayayangtelahdilakukanpemerintahIndonesiamemenuhituntutanglobaladalahmengembangkanSekolahBertarafInternasional(SBI)dengankurikulumyangditerapkanberupakurikulumadaptif.GuruyangmengajardiSBIperluperangkatpembelajarandenganstrategipembelajarantertentu.Beberapakajiandanpencarianinformasiyangtelahdilakukanolehpenulismenunjukkanbelumbanyaktersediaperangkatpembelajaranyangberbasismasalah(ProblemBasedLearning)padamateripokoklarutanpenyanggauntukSekolahBertarafInternasional(SBI).Tujuandaripengembanganiniadalahuntukmengetahuiprodukakhirperangkatpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning)padamateripokoklarutanpenyanggadiSMA/MASBIyangmeliputisistematikadantingkatvaliditasprodukakhirperangkatpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning).PengembanganperangkatpembelajaranlarutanpenyanggadidasarkanpadamodelpengembanganyangdirekomendasikanolehThiagarajanyakni4D-Model(DefineDesignDevelopandDisseminate).KeempatDdalam4DModelmerupakantahap-tahap(sintaks)dalampengembanganperangkatpembelajaran.PadamodelpengembanganiniakandiadopsisampaipadaDyangketigayaknihinggatahapdevelop(pengembangan).Validatordalampengembanganiniadalah2dosenKimiaUniversitasNegeriMalangdan2guruKimiaSMAyaitudariSMANegeri3danSMANegeri5Malang.Instrumenyangdigunakanadalahangketpenilaiandantanggapanterhadapperangkatpembelajarankemudiandianalisisdenganteknikanalisispersentase.Perangkatpembelajarankimiaterdiridari4bagianyaitubahanajarsilabus(syllabus)RencanaPelaksanaanPembelajaran(lessonplan)daninstrumenpenilaian.Bagianbahanajarterdiridaritigabagianyaitubagianawalbagianisidanbagianakhir.Bagianawalberisihalamanjudul(cover)katapengantar(preface)daftarisi(contents)daftartabel(table)daftargambar(figure)danpetunjukpenggunaanbahanajar(instructionsforusingtheteachingmaterials).Bagianisiberisibagianpendahuluan(introductions)lembarSKdanKDorientasimasalah(orientationontheproblem)danmateriBufferSolutions.Bagianakhirberisirangkuman(summary)latihansoal(additionalexercise)glossarium(glossary)daftarpustaka(references)dankuncijawaban(answerkey).Berdasarkanujivalidasiperangkatpembelajarandiperolehpersentase8981%.Halinimenunjukkanbahwaperangkatpembelajarankimiahasilpengembanganbernilaivaliddanlayakuntukdigunakan.