Pengembangan bahan ajar materi hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA SMA/MA / Prita Saridewi
Main Author: | Saridewi, Prita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21851/ |
Daftar Isi:
- KatakuncibahanajarinkuiriterbimbinghidrolisisgaramPeraturanMenterinomor22tahun2006telahmenjelaskanbahwamatapelajarankimiaperludiajarkanuntuktujuanyaitumembekalisiswadenganpengetahuanpemahamandansejumlahkemampuanyangdipersyaratkanuntukmemasukijenjangpendidikanyanglebihtinggisertamengembangkanilmudanteknologi.Tujuanmatapelajarankimiadicapaiolehsiswamelaluiberbagaipendekatanantaralainpendekataninduktifdalambentukprosesinkuiriilmiah.Salahsatuupayauntukmencapaitujuanmatapelajarankimiatersebutmakadiperlukanpengembanganbahanajaryangmenggunakanpendekataninduktifdalambentukprosesinkuirisebagaisaranapendukungprosespembelajaran.OlehkarenaitudilakukanpenelitianpengembanganbahanajarmaterihidrolisisgaramberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswakelasXIIPASMA/MA.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Produkyangdihasilkanberupabahanajar.RancanganpengembanganyangdigunakanadalahrancanganBorgdanGallyangdiadaptasiolehSukmadinata.Tahapanyangdilakukanadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujicobalapanganawal.(5)merevisihasilujicoba(6)ujilapanganskalakecildan(7)revisihasilujicobalapangan.Drafhasilpengembangandivalidasioleh3validatorahlidandilakukanujiketerbacaanoleh10orangsiswa.Instrumenvalidasidanujiketerbacaanyangdigunakanberupaangket.Datahasilvalidasiterdiridariduajenisyaitudatakuantitatifdankualitatif.ProdukpengembanganyangdihasilkanberupabahanajarkimiapadamateripokokhidrolisisgaramberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswakelasXIIPASMA/MA.Bahanajariniterdiridari3bagianyaitu(1)bagianpendahuluan(2)bagianisidan(3)penutup.Padabagianpendahuluanterdapatbeberapakomponenyaitu(1)halamanmuka(cover)(2)katapengantar(3)daftarisi(4)daftargambar(5)daftartabel(6)petunjukpenggunaanbahanajar(7)halamanSKKDsubmateridanindikatorserta(8)petakonsep.Padabagianisiterdapatduakomponenyaitubagianpengantardanuraiansubmateripokok.Padabagianpenutupterdapatbeberapakomponenyaitu(1)latihansoal(2)ulanganharian(3)kuncisoallatihan(4)kuncisoalulanganharian(5)daftaristilahdan(6)daftarpustaka.Hasilvalidasibahanajarolehahlimenunjukkanpersentaserata-ratasebesar882%danujiketerbacaanpadasiswamenunjukkanpersentaserata-ratasebesar794%.Hasilvalidasidanujiketerbacaanmenunjukkanbahanajaryangdikembangkaninivalidpadaberbagaikriteriapenilaiandantidakmemerlukanperubahanyangmendasar.BahanajarinilayakuntukdigunakansebagaibahanajarpadakelasXIIPASMA/MA.