Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada materi koloid / Abdul Barri
Main Author: | Barri, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21847/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajarankooperatifTPSmediapembelajaranhasilbelajarminatbelajarkoloid.ModelpembelajarankooperatifTPSyangterdiridaritahapanthinkpairdansharetidakdapatberjalanefektifdalampenerapannyadisebabkanolehbeberapafaktoryangberasaldarisiswadalammengikutipembelajaran.Halinidapatberdampakpadahasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotorsertaminatbelajarsiswa.BeberapaupayadapatdilakukansebagaialternatifpeningkatankeefektifanpenerapanmodelkooperatifTPSsalahsatunyapenggunaanmediapembelajaransebagaimediabantuandalampembelajaran.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mengetahuiketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS)berbantuanmediapembelajaransiswakelasXIIPASMAN1KepanjenpadamateriKoloid(2)mengetahuikeefektifanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS)berbantuanmediapembelajaransiswakelasXIIPASMAN1Kepanjenpadahasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotorsertaminatbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu.Penelitianinimenggunakanduakelasyaknikelaseksperimendankelaskontrol.Kelaseksperimenyaitukelasyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS)berbantuanmediapembelajaran.Kelaskontroldiajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS).PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMAN1Kepanjentahunajaran2010/2011.Pengambilansampeldengancaratidakdiacak.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(terdiridarisilabusRPPLKSdanhands-out)daninstrumenpengukuranyangterdiridariteslembarobservasiuntukmenilaikemampuanafektifdanpsikomotorsiswasertaangket.AnalisisdatadilakukandenganujiMannWhitneyUdanujitpadasignifikansi945005.Hasilanalisismenunjukkanbahwanilairata-ratahasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimen(820)hampirsamadengankelaskontrol(808).Hasiltersebutsamasecarasignifikan945099005padatarafsignifikansi5%.Sedangkanhasilbelajarafektif(87)psikomotor(93)danminatbelajar(47)siswakelaseksperimenlebihbaikdaripadahasilbelajarafektif(82)psikomotor(88)danminatbelajar(43)siswakelaskontrol.Hasiltersebutsecarasignifikanberbedaberturut-turut94500060059450001005dan9450018005padatarafsignifikansi5%.Halinimenunjukkanbahwakeefektifanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS)berbantuanmediapembelajaranlebihtinggidaripadamodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare(TPS)padahasilbelajarafektifpsikomotordanminatbelajarsiswa.