Identifikasi kesulitan dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Singosari / Magfirah

Main Author: Magfirah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21846/
Daftar Isi:
  • KataKunciidentifikasikesulitankelarutandanhasilkalikelarutansiswakelasXIIPASMAN1SingosariIlmukimiamerupakanmatapelajaranyangdianggapsulitolehsiswa.Siswaseringkalikesulitanuntukmemahamimateripelajarankimiayangbersifatabstrakataumaterikimiayangkonsepnyasalingberkaitan.Konsepdalammaterikelarutandanhasilkalikelarutaninibersifatberurutanuntukmemahamikonsepdalammaterikelarutandanhasilkalikelarutansiswaperlumemahamikonsepyangmendasarsepertikonsentrasipersamaanreaksikesetimbangankimiazatterlarutdanpelarutjikatidakmakasiswaakankesulitan.Kesulitaniniakanmembawadampakyangkurangbaikbagipemahamansiswaakankonsep-konsepkimiakarenatujuandaripengajarankimiasendiriadalahagarsiswamenguasaikonsep-konsepkimiadansalingketerkaitannya.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipersentasesiswayangmengalamikesulitandalam(1)memahamikelarutan(2)memahamihasilkalikelarutan(3)meramalkanpengendapan(4)memahamipengaruhionsenamasertapHterhadapkelarutansuatuzatdan(5)untukmengetahuipadasubmateriapadalammaterikelarutandanhasilkalikelarutansiswapalingbanyakmengalamikesulitandanapasebabnya.Penelitiandilakukanmenggunakanmetodedeskriptif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA1XIIPA2danXIIPA3SMAN1Singosaritahunajaran2010/2011semestergenapyangberjumlah97siswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupatesobyektifpilihangandasebanyak26butirsoal.Berdasarkanhasilverifikasiinstrumendanujicobadiperolehvaliditasisiinstrumensebesar916%danreliabilitasyangdihitungmenggunakanKR-20sebesar075.Selanjutnyadatadianalisisdenganmenghitungpersentasekesulitantiaprumusanmasalah.Untukmengetahuipenyebabkesulitansiswadalammemahamimaterikelarutandanhasilkalikelarutandilakukanwawancara.KemudianseluruhdatayangadadideskripsikanuntukmemperolehgambarantentangkesulitansiswadalammemahamimateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)persentasesiswayangmengalamikesulitandalammemahamikelarutanadalah501%yangberartibahwatingkatkesulitansiswadalammemahamikelarutancukupbesar(2)persentasesiswayangmengalamikesulitandalammemahamihasilkalikelarutanadalah379%yangberartibahwatingkatkesulitansiswadalammemahamihasilkalikelarutankecil(3)persentasesiswayangmengalamikesulitandalammeramalkanpengendapansuatuzatadalah663%yangberartibahwatingkatkesulitansiswadalammeramalkanpengendapansuatuzatbesar(4)persentasesiswayangmengalamikesulitandalammemahamipengaruhionsenamasertapHterhadapkelarutansuatuzatadalah470%yangberartibahwatingkatkesulitansiswadalammemahamipengaruhionsenamasertapHterhadapkelarutansuatuzatcukupbesardan(5)dalammemahamimaterikelarutandanhasilkalikelarutansiswapalingbanyakmengalamikesulitanpadasubmaterimeramalkanpengendapanhaltersebutdisebabkanoleh(a)siswakurangpahamdenganmateriprasyaratdankonsepdasaryangsebenarnyaharusdikuasai(b)siswakurangpahamterhadapmateriyangdiberikanolehgurukarenadijelaskandengancepatdan(c)siswakurangtelitidalammengerjakansoaldenganstoikiometrikimia