Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) berbantuan media pembelajaran berbasis komputer materi bahan kimia rumah tangga terhadap hasil belajar siswa di SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Anggun Winata

Main Author: Winata, Anggun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21845/
Daftar Isi:
  • KatakuncimediapembelajaranberbasiskomputerbahankimiarumahtanggamodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Padahakekatnyapembelajaranlebihmenitikberatkanpadakeaktifansiswadalamprosesbelajardankeaktifangurudalammenciptakanlingkunganbelajarbagisiswasehinggasiswadapatmengkonstrukpengetahuannyasendiridenganlingkunganbelajaryangdibuatolehguru.BerdasarkanhasilpengamatandanwawancarayangdilakukanpadagurupengajarandiSMPBrawijayaSmartSchool(BSS)MalangmasihdidominasiolehgurudenganmenggunakanpembelajarankonvensionaldanhasilbelajarsiswajugamasihrendahuntukmateriIPAterpadu.BerdasarkankaraktersiswaBrawijayaSmartSchool(BSS)Malangyangheterogendengankemampuansiswayangpandaidankurangpandaitersebarpadatiap-tiapkelasmakasalahsatualternatifpembelajaranyangdapatdigunakandalampeningkatanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatiftipeSTAD.SalahsatumaterikimiaSMPadalahbahankimiarumahtangga.Padamateritersebutterdapatbeberapamateriyangbersifatabstraksehinggadigunakanmediapembelajaranberbasiskomputeragarlebihjelasdansiswalebihmemahamimateri.PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediapembelajaranberbasiskomputerdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiandenganmenggunakanrancanganeksperimensemu(QuasyExperimentalDesign).PopulasiyangdijadikanpenelitianyaitusiswakelasVIIISMPBrawijayaSmartSchool(BSS)semesterIITahunajaran2010/2011.Populasipenelitianyangdigunakanadaduakelasyaitukelaskontroldankelaseksperimen.KelaskontroldiajarkandenganmenggunakanpembelajarankonvensionalsedangkankelaseksperimendiajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediaberbasiskomputermateribahankimiarumahtangga.Instrumenuntukmengukurhasilbelajarsiswaberupatesatauulanganharian.Analisishasilbelajardilakukandenganmenggunakanuji-tduapihak.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamAchievementDivisions)berbantuanmediapembelajaranberbasiskomputermateribahankimiarumahtanggaterhadaphasilbelajarsiswadiSMPBrawijayaSmartSchool(BSS)Malang.HasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamAchievementDivisions(STAD)berbantuanmediapembelajaranberbasiskomputerlebihbaikdibandingkandenganhasilbelajarsiswayangdiajarkanmenggunakanpembelajarankonvensional.