Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) berbantuan media pembelajaran berbasis komputer materi bahan kimia rumah tangga terhadap hasil belajar siswa di SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Anggun Winata
Main Author: | Winata, Anggun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21845/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimediapembelajaranberbasiskomputerbahankimiarumahtanggamodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Padahakekatnyapembelajaranlebihmenitikberatkanpadakeaktifansiswadalamprosesbelajardankeaktifangurudalammenciptakanlingkunganbelajarbagisiswasehinggasiswadapatmengkonstrukpengetahuannyasendiridenganlingkunganbelajaryangdibuatolehguru.BerdasarkanhasilpengamatandanwawancarayangdilakukanpadagurupengajarandiSMPBrawijayaSmartSchool(BSS)MalangmasihdidominasiolehgurudenganmenggunakanpembelajarankonvensionaldanhasilbelajarsiswajugamasihrendahuntukmateriIPAterpadu.BerdasarkankaraktersiswaBrawijayaSmartSchool(BSS)Malangyangheterogendengankemampuansiswayangpandaidankurangpandaitersebarpadatiap-tiapkelasmakasalahsatualternatifpembelajaranyangdapatdigunakandalampeningkatanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatiftipeSTAD.SalahsatumaterikimiaSMPadalahbahankimiarumahtangga.Padamateritersebutterdapatbeberapamateriyangbersifatabstraksehinggadigunakanmediapembelajaranberbasiskomputeragarlebihjelasdansiswalebihmemahamimateri.PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediapembelajaranberbasiskomputerdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiandenganmenggunakanrancanganeksperimensemu(QuasyExperimentalDesign).PopulasiyangdijadikanpenelitianyaitusiswakelasVIIISMPBrawijayaSmartSchool(BSS)semesterIITahunajaran2010/2011.Populasipenelitianyangdigunakanadaduakelasyaitukelaskontroldankelaseksperimen.KelaskontroldiajarkandenganmenggunakanpembelajarankonvensionalsedangkankelaseksperimendiajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediaberbasiskomputermateribahankimiarumahtangga.Instrumenuntukmengukurhasilbelajarsiswaberupatesatauulanganharian.Analisishasilbelajardilakukandenganmenggunakanuji-tduapihak.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamAchievementDivisions)berbantuanmediapembelajaranberbasiskomputermateribahankimiarumahtanggaterhadaphasilbelajarsiswadiSMPBrawijayaSmartSchool(BSS)Malang.HasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamAchievementDivisions(STAD)berbantuanmediapembelajaranberbasiskomputerlebihbaikdibandingkandenganhasilbelajarsiswayangdiajarkanmenggunakanpembelajarankonvensional.