Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi atom, ion, dan molekul di SMP Negeri 4 Malang / Sari Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21844/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajarankooperatiftipeSTADpetakonsepatomionmolekulKimiamerupakansalahsatumateripelajaranyangbarudimasukkankedalamkurikulumSMP.KimiatermasukmateripelajaranIPAdantelahdiajarkandisemuaSMPsalahsatunyayaituSMPNegeri4Malang.ProsespembelajarandiSMPNegeri4MalangtelahmenerapkankurikulumKTSP.PenerapankurikulumKTSPmenuntutditerapkannyapembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcenteredapproach).Padapembelajaranstudentcenteredsiswadituntutlebihaktifuntukmengkonstrukpemahamannyasendiri.Padakenyataannyasiswamasihkesulitandalammengkonstrukpemahamannyasendiriterutamauntukmateriyangbersifatabstrak.Salahsatumateriyangbersifatabstrakdalamkimiaadalahmateriatomiondanmolekul.Olehsebabituguruharusmencarimetodepembelajaranyangsesuaidenganmateriinisehinggahasilbelajarsiswadapatmeningkat.SalahsatumetodeyangdapatditerapkanyaitumetodepembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanpetakonsep.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanpetakonsepterhadaphasilbelajarsiswapadamaterikimiapokokbahasanatomiondanmolekul.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasieksperiment).PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPN4Malangdengansampelduakelasmasing-masingkelaskontroldankelaseksperimen.VariabelbebasnyayaitumodelSTADberbantuanPetaKonsepdanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajarsiswa(aspekkognitif).Instrumenpengukuranyangdigunakanadaduayaitutesdanlembarobservasi.Analisisdatameliputiujinormalitashomogenitasdanujihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanantarahasilbelajarsiswayangdiajarkanmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanpetakonsepdengansiswayangdiajarkanmenggunakanpembelajaranekspositori.Haliniterlihatdaritingkatketuntasandanskorrata-ratakelaseksperimenyanglebihbaikdaripadakelaskontrol.Skorrata-ratakelaseksperimen816denganketuntasan902%sedangkanskorrata-ratakelaskontrol753denganketuntasan75%(2)pembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanpetakonseppadamateriatomiondanmolekultelahterlaksanadenganbaikyaitutingkatketerlaksanaannyadiatas75%.