Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu pada materi koloid / Anindya Kristanti

Main Author: Kristanti, Anindya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21836/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbingketerampilanprosessainsprestasibelajarkoloidKoloidmerupakansalahsatumateriyangdibelajarkanpadamatapelajarankimiadiSMA.Konseppentingdalammaterikoloidmeliputikonsepsistemkoloidpengelompokkanjeniskoloidpembuatankoloiddansifat-sifatkoloid.BerdasarkanhasilobservasidiSMANegeri1Batumaterikoloiddibelajarkansecarakonvensionalyaituceramahdanpraktikumdenganmetodeverifikasidimanaguruterlebihdahulumenjelaskankonsep-konsepyangberhubungandengankegiatanpraktikumsehinggapraktikumhanyadigunakanuntukmembuktikankebenaransuatukonsepyangsudahada.Keadaantersebutmengakibatkanketerampilanprosessainsdanpenguasaankonsep-konsepsiswacenderunglemahdansiswamenjadipasif.Salahsatumodelpembelajarankonstruktivistikyangcocokuntukmaterikoloidadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswakelasXIIPASMANegeri1Batuantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionalpadamaterikoloid(2)mendeskripsikanketerampilanprosessainssiswakelasXIIPASMANegeri1Batuyangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadamaterikoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Batuyangberjumlahempatkelas.Sampelpenelitianditentukandaripopulasiyangdilakukansecaraacakyaitumelaluiundian(undiankelas)sehinggadiperolehduakelasXIIPAyangmempunyaikemampuanawalsama.DuakelastersebutdiambilsecaraacakdandiperolehkelasXIIPA3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA1sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajarandantesprestasibelajar.Darihasilujicobatesprestasibelajardiperoleh31soalvaliddengantingkatreabilititas0872.Perbedaanprestasikelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganuji-tduapihakpadatarafsignifikansia005.Deskripsikualitatifdigunakanuntukmemperolehgambaransecaranyatatentangketerampilanprosessainssiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanprestasibelajaryangsignifikanantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionaldimanaprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbinglebihtinggi(865)daripadasiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensional(826)(2)penerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilanprosessainssiswahalinidapatdilihatdarirata-rataketercapaianketerampilanprosessainssiswauntuksetiapindikatoryangsemakinmeningkatselama3kalipertemuan.