Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu pada materi koloid / Anindya Kristanti
Main Author: | Kristanti, Anindya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21836/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingketerampilanprosessainsprestasibelajarkoloidKoloidmerupakansalahsatumateriyangdibelajarkanpadamatapelajarankimiadiSMA.Konseppentingdalammaterikoloidmeliputikonsepsistemkoloidpengelompokkanjeniskoloidpembuatankoloiddansifat-sifatkoloid.BerdasarkanhasilobservasidiSMANegeri1Batumaterikoloiddibelajarkansecarakonvensionalyaituceramahdanpraktikumdenganmetodeverifikasidimanaguruterlebihdahulumenjelaskankonsep-konsepyangberhubungandengankegiatanpraktikumsehinggapraktikumhanyadigunakanuntukmembuktikankebenaransuatukonsepyangsudahada.Keadaantersebutmengakibatkanketerampilanprosessainsdanpenguasaankonsep-konsepsiswacenderunglemahdansiswamenjadipasif.Salahsatumodelpembelajarankonstruktivistikyangcocokuntukmaterikoloidadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswakelasXIIPASMANegeri1Batuantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionalpadamaterikoloid(2)mendeskripsikanketerampilanprosessainssiswakelasXIIPASMANegeri1Batuyangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadamaterikoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Batuyangberjumlahempatkelas.Sampelpenelitianditentukandaripopulasiyangdilakukansecaraacakyaitumelaluiundian(undiankelas)sehinggadiperolehduakelasXIIPAyangmempunyaikemampuanawalsama.DuakelastersebutdiambilsecaraacakdandiperolehkelasXIIPA3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA1sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajarandantesprestasibelajar.Darihasilujicobatesprestasibelajardiperoleh31soalvaliddengantingkatreabilititas0872.Perbedaanprestasikelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganuji-tduapihakpadatarafsignifikansia005.Deskripsikualitatifdigunakanuntukmemperolehgambaransecaranyatatentangketerampilanprosessainssiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanprestasibelajaryangsignifikanantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionaldimanaprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbinglebihtinggi(865)daripadasiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensional(826)(2)penerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilanprosessainssiswahalinidapatdilihatdarirata-rataketercapaianketerampilanprosessainssiswauntuksetiapindikatoryangsemakinmeningkatselama3kalipertemuan.