Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar pada materi koloid / Novita Resti Suprobowati
Main Author: | Suprobowati, Novita Resti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21801/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingkemampuanberpikirkritishasilbelajarkoloidSalahsatuhalutamayangperludibenahidalamkontekspeningkatanmutupendidikanadalahefektivitasmodelpembelajaran.Penggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingakanmemberikankesempatankepadasiswauntukbelajarmandiriberpikirlogiskritisdanrasionalsehinggadapatdigunakansebagaisalahsatuupayauntukmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(Quasy-ExperimentalDesign)danrancangandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPAMANTlogoBlitar.PenentuankelaskontroldankelaseksperimendilakukandengancaraundiankelassehinggadiperolehkelasXIIPA1sebagaikelaskontroldankelasXIIPA2sebagaikelaseksperimen.Instrumentesterdiridari25soalpilihangandadan5soaluraian.Datahasilbelajardianalisisdenganujitpihakkananpadatarafsignifikansi(945)005dandideskripsikansecarakuantitatifuntukmemperolehgambarannyatatentangkemampuanberpikirkritissiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdibandingkandenganyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionalpadamaterikoloid(2)kemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadakemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional.HaliniberartibahwapenggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPAMANTlogopadamateriKoloid.