Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar pada materi koloid / Novita Resti Suprobowati

Main Author: Suprobowati, Novita Resti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21801/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbingkemampuanberpikirkritishasilbelajarkoloidSalahsatuhalutamayangperludibenahidalamkontekspeningkatanmutupendidikanadalahefektivitasmodelpembelajaran.Penggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingakanmemberikankesempatankepadasiswauntukbelajarmandiriberpikirlogiskritisdanrasionalsehinggadapatdigunakansebagaisalahsatuupayauntukmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(Quasy-ExperimentalDesign)danrancangandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPAMANTlogoBlitar.PenentuankelaskontroldankelaseksperimendilakukandengancaraundiankelassehinggadiperolehkelasXIIPA1sebagaikelaskontroldankelasXIIPA2sebagaikelaseksperimen.Instrumentesterdiridari25soalpilihangandadan5soaluraian.Datahasilbelajardianalisisdenganujitpihakkananpadatarafsignifikansi(945)005dandideskripsikansecarakuantitatifuntukmemperolehgambarannyatatentangkemampuanberpikirkritissiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdibandingkandenganyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionalpadamaterikoloid(2)kemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadakemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional.HaliniberartibahwapenggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPAMANTlogopadamateriKoloid.