Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi bagi siswa SMP / Dyah Lestariningsih Marnu

Main Author: Marnu, Dyah Lestariningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2179/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMarnuDyahLestariningsih.2015.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMengelolaEmosiBagiSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyM.HandariniM.A.(II)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.KataKuncipanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisiswaSMPKeterampilanmengelolaemosiperludimilikisetiapindividu.Kemampuanmengelolaemosiyangberkembangbaikdapatmenimbulkankebahagiandankeberhasilandalamkehidpuan.Namunbelumadapedomanuntukmengembangkanketerampilanmengelolaemosisiswasehinggaperludikembangkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosi.BerkaitandenganitupenelitimengembangkanpanduanpelatihanketemrapilanmengelolaemosibagisiswaSMP.Pengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisebagaipedomankonselor.Panduanpelatihanyangdihasilkanterdiridaritigayaitupanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiuntukkonselorpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiuntuksiswadanmateripanduanpelatihanketerampilanmengelola.PenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(1983).Tahapyangdigunakanadalah1)needassessment2)merumuskantujuanumum3)menyusuntujuankhusus4)penyusunanprodukawal5)menyusunalatevalusi6)ujiahli7)revisiprodukhasilpenilaianujiahli8)ujicalonpengguna9)revisiprodukakhirdan10)produkakhir.HasilujipengembanganmenunjukkanbahwapanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMPinimemilikikeberterimaanyangbaikdariaspekkegunaankelayakanketepatandankepatutan.MelaluiskalaakseptabilitasyangdiberikankepadaahlidancalonpenggunamenunjukkanbahwapanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMPdikembangkantelahmemenuhikriteriakeberterimaanyaitubergunalayaktepatdanpatutuntukditerapkanpadasiswa.Saranyangdiberikansehubungandenganpemanfaatanialahkonselorsebaiknyatelahmenguasailangkah-langkahpelatihandanmateripelatihanyangadadalampanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiagarmemperolehperubahanperilakuyangdikehendaki.SelainitusaranpengembanganproduklebihlanjutadalahpenelitianselanjutnyadapatmelakukanujikelompokkecilsertapengkajianlebihluasuntukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMP.