Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi bagi siswa SMP / Dyah Lestariningsih Marnu
Main Author: | Marnu, Dyah Lestariningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2179/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMarnuDyahLestariningsih.2015.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMengelolaEmosiBagiSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyM.HandariniM.A.(II)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.KataKuncipanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisiswaSMPKeterampilanmengelolaemosiperludimilikisetiapindividu.Kemampuanmengelolaemosiyangberkembangbaikdapatmenimbulkankebahagiandankeberhasilandalamkehidpuan.Namunbelumadapedomanuntukmengembangkanketerampilanmengelolaemosisiswasehinggaperludikembangkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosi.BerkaitandenganitupenelitimengembangkanpanduanpelatihanketemrapilanmengelolaemosibagisiswaSMP.Pengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosisebagaipedomankonselor.Panduanpelatihanyangdihasilkanterdiridaritigayaitupanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiuntukkonselorpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiuntuksiswadanmateripanduanpelatihanketerampilanmengelola.PenelitianpengembanganinimenggunakanrancanganpenelitianpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(1983).Tahapyangdigunakanadalah1)needassessment2)merumuskantujuanumum3)menyusuntujuankhusus4)penyusunanprodukawal5)menyusunalatevalusi6)ujiahli7)revisiprodukhasilpenilaianujiahli8)ujicalonpengguna9)revisiprodukakhirdan10)produkakhir.HasilujipengembanganmenunjukkanbahwapanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMPinimemilikikeberterimaanyangbaikdariaspekkegunaankelayakanketepatandankepatutan.MelaluiskalaakseptabilitasyangdiberikankepadaahlidancalonpenggunamenunjukkanbahwapanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMPdikembangkantelahmemenuhikriteriakeberterimaanyaitubergunalayaktepatdanpatutuntukditerapkanpadasiswa.Saranyangdiberikansehubungandenganpemanfaatanialahkonselorsebaiknyatelahmenguasailangkah-langkahpelatihandanmateripelatihanyangadadalampanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosiagarmemperolehperubahanperilakuyangdikehendaki.SelainitusaranpengembanganproduklebihlanjutadalahpenelitianselanjutnyadapatmelakukanujikelompokkecilsertapengkajianlebihluasuntukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosibagisiswaSMP.