Keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-kimia serta kendala-kendala yang dihadapi guru di SMP/MTs negeri se-kabupaten Pamekasan / Enny Musrifah

Main Author: Musrifah, Enny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21784/
Daftar Isi:
  • KatakuncipenilaianhasilbelajarpembelajaranIPA-Kimiakendala.SalahsatuaspekyangpentingdalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)adalahsistempenilaianyangdisempurnakandarikurikulumsebelumnya.Informasiyangdidapatdariprosespenilaiantidaksajapentinguntukmengetahuipencapaiantujuanpembelajarandanhasilbelajarsiswatetapijugauntukmengukurefektifitaskegiatanpembelajaran.DalamKTSPterdapatmateriIPA-KimiayangtergabungdalambidangstudiIPA.PeningkatanporsimaterikimiadalamkurikulumSMP/MTsmembuatsebagiansekolahmerasatidaksiapkarenadiantaranyabelummempunyaiguruIPA-Kimia.SelainitusebagiangurumerasakesulitandalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswayangmengacupadaKTSP.PenilaiandalamKTSPdiukurdari3aspekyaituaspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorik.Halinimenjadihalyangbarubagigurukarenapadaparadigmalamagurulebihmengedepankanaspekkognitifakibatnyaaspekafektifdanaspekpsikomotorikcenderungterabaikan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)keterlaksanaanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiaditinjaudaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajarpelaksanaanpenilaianhasilbelajardanketuntasanhasilbelajardalampembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasandan(2)kendala-kendalayangdihadapiolehguruIPA-KimiadalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasan.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahguruIPA-Kimiadan/atauguruyangmengajarbidangstudiIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasantahunajaran2009/2010.Teknikpengambilansampeladalahpurposiveareasampling.Sampelpenelitianberjumlah47guru.Datadiambildenganinstrumenangketdandokumentasiwawancaraterstruktursertaobservasiuntukmenguatkandatayangdiperolehdariangket.Sebelumdisebarkanangketdivalidasiterlebihdahuludandiperolehtingkatvalidasisebesar94%.Datayangdiperolehpadatiap-tiapitemjawabandiberibobotdenganmengacupadakriteriapenyekoranangket.Skoryangdiperolehkemudiandihitungpersentasenyayaitudibagidenganskoridealkemudianhasilnyadikalikan100%.Skortiapitemyangdiperolehdiakumulasikanmenjadiskortiapdeskriptorindikatordantiapsubvariabeldanhasilnyadigolongkanberdasarkanklasifikasitertentu.HasilpenelitianmenunjukkanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiaditinjaudaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajarpelaksanaanpenilaianhasilbelajardanketuntasanhasilbelajardalampembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasan1sudahterlaksanadenganbaikhaliniterlihatdaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajaryangsudahdilaksanakandenganbaikdenganpersentase78%pelaksanaanpenilaianhasilbelajarsebesar78%danketuntasanhasilbelajaryangjugasudahdilaksanakandenganbaikdenganpersentasesebesar78%.KendalayangpalingbanyakdihadapidalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasandalammelakukanpenilaianadalahkendalaketerbatasanwaktujammengajarguruyangterlalubanyakkesulitanmelakukanpenskoraninstrumenkesulitanmemilihberbagaijenisdanteknikpenilaiansertasaranadanprasaranasekolahyangkurangmemadaiuntukkegiatanpraktikum.