Keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-kimia serta kendala-kendala yang dihadapi guru di SMP/MTs negeri se-kabupaten Pamekasan / Enny Musrifah
Main Author: | Musrifah, Enny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21784/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipenilaianhasilbelajarpembelajaranIPA-Kimiakendala.SalahsatuaspekyangpentingdalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)adalahsistempenilaianyangdisempurnakandarikurikulumsebelumnya.Informasiyangdidapatdariprosespenilaiantidaksajapentinguntukmengetahuipencapaiantujuanpembelajarandanhasilbelajarsiswatetapijugauntukmengukurefektifitaskegiatanpembelajaran.DalamKTSPterdapatmateriIPA-KimiayangtergabungdalambidangstudiIPA.PeningkatanporsimaterikimiadalamkurikulumSMP/MTsmembuatsebagiansekolahmerasatidaksiapkarenadiantaranyabelummempunyaiguruIPA-Kimia.SelainitusebagiangurumerasakesulitandalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswayangmengacupadaKTSP.PenilaiandalamKTSPdiukurdari3aspekyaituaspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorik.Halinimenjadihalyangbarubagigurukarenapadaparadigmalamagurulebihmengedepankanaspekkognitifakibatnyaaspekafektifdanaspekpsikomotorikcenderungterabaikan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)keterlaksanaanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiaditinjaudaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajarpelaksanaanpenilaianhasilbelajardanketuntasanhasilbelajardalampembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasandan(2)kendala-kendalayangdihadapiolehguruIPA-KimiadalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasan.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahguruIPA-Kimiadan/atauguruyangmengajarbidangstudiIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasantahunajaran2009/2010.Teknikpengambilansampeladalahpurposiveareasampling.Sampelpenelitianberjumlah47guru.Datadiambildenganinstrumenangketdandokumentasiwawancaraterstruktursertaobservasiuntukmenguatkandatayangdiperolehdariangket.Sebelumdisebarkanangketdivalidasiterlebihdahuludandiperolehtingkatvalidasisebesar94%.Datayangdiperolehpadatiap-tiapitemjawabandiberibobotdenganmengacupadakriteriapenyekoranangket.Skoryangdiperolehkemudiandihitungpersentasenyayaitudibagidenganskoridealkemudianhasilnyadikalikan100%.Skortiapitemyangdiperolehdiakumulasikanmenjadiskortiapdeskriptorindikatordantiapsubvariabeldanhasilnyadigolongkanberdasarkanklasifikasitertentu.HasilpenelitianmenunjukkanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiaditinjaudaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajarpelaksanaanpenilaianhasilbelajardanketuntasanhasilbelajardalampembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasan1sudahterlaksanadenganbaikhaliniterlihatdaripersiapansebelumdilakukanpenilaianhasilbelajaryangsudahdilaksanakandenganbaikdenganpersentase78%pelaksanaanpenilaianhasilbelajarsebesar78%danketuntasanhasilbelajaryangjugasudahdilaksanakandenganbaikdenganpersentasesebesar78%.KendalayangpalingbanyakdihadapidalammelaksanakanpenilaianhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA-KimiadiSMP/MTsNegerise-KabupatenPamekasandalammelakukanpenilaianadalahkendalaketerbatasanwaktujammengajarguruyangterlalubanyakkesulitanmelakukanpenskoraninstrumenkesulitanmemilihberbagaijenisdanteknikpenilaiansertasaranadanprasaranasekolahyangkurangmemadaiuntukkegiatanpraktikum.