Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP / Dhila Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Dhila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2177/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmawatiDhila.2015.PengembanganBukuPanduanPelatihanKeterampilanSosialTingkatLanjutbagiSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyM.Handarini.M.A(II)IreneMayaSimon.S.PdM.Pd.KataKuncipengembanganketerampilansosialtingkatlanjutSLABerdasarkanfenomenayangterjadipadaanakusiaSMPditemukanbahwabanyakanakyangmengalamimasalahkurangnyaketerampilansosialtingkatlanjut.Terbuktiketikasiswamemintatolongtidakmemilikiketerampilansehinggaterkesantidakmempunyaisopansantun.Faktalainketikagurumemberikantugassiswamemintakeringanantugas.Halitumembuktikansiswakurangbisamengikutiinstruksiyangdiberikan.PenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangbertujuanuntukmenghasilkanbukupanduanpelatihanketerampilansosialtingkatlanjutbagisiswaSMP.Panduanpelatihanketerampilansosialiniterdiridaritigaprodukyaitubukupanduankonselorbukupanduansiswadanbukumateripelatihan.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)sebagaiacuannya.Pengembanganbukupanduaninisecaraproseduralmelalui3tahapyaitutahapperencanaantahappengembanganprodukdantahapujicoba.Ujicobadilakukanoleh3orangahlibimbingandankonselingdan3orangahlicalonpenggunaproduk(konselor).Datayangdikumpulkandenganmenggunakanskalapenilaianakseptabilitasyaituuntukmengetahuikegunaankelayakanketepatandankepatutanpanduan.Datayangdiperolehadalahdatakualitatifdankuantitatif.DatakuantitatifdianalisisdenganmenggunakanInter-rateragreementdandatakualitatifdianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptif.Analisisyangdiperolehdarihasildataujiahlidanujipenggunaproduk(konselor)menunjukkanbahwabukupanduanketerampilansosialtingkatlanjutbagisiswaSMPyangmeliputibukupanduankonselorbukupanduansiswadanbukumaterimemenuhikriteriadanlayakuntukdilatihkankepadasiswaSMPsesuaidengankriteriayangditetapkan.PadapenilaianujiahlidanujicalonpenggunamengenaiaspekyangdiujikansecaraumummemperolehhasilbahwabukupanduansangatbergunasangatlayaktepatdansangatpatutuntukdigunakanolehkonselormaupunolehsiswaSMP.Olehkarenaitubukupanduanpelatihanketerampilansosialtingkatlanjutinilayakuntukdiadaptasisebagaimediapembelajarandalambimbingandankonselinggunamencapaiperkembangansiswayangoptimal.Berdasarkanuraiandiatasdisarankanpadapenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuikeefektifitasanproduksehinggaprodukyangdikembangkandapatdigunakanolehkonselormaupunsiswa.