Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP / Dhila Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Dhila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2177/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmawatiDhila.2015.PengembanganBukuPanduanPelatihanKeterampilanSosialTingkatLanjutbagiSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyM.Handarini.M.A(II)IreneMayaSimon.S.PdM.Pd.KataKuncipengembanganketerampilansosialtingkatlanjutSLABerdasarkanfenomenayangterjadipadaanakusiaSMPditemukanbahwabanyakanakyangmengalamimasalahkurangnyaketerampilansosialtingkatlanjut.Terbuktiketikasiswamemintatolongtidakmemilikiketerampilansehinggaterkesantidakmempunyaisopansantun.Faktalainketikagurumemberikantugassiswamemintakeringanantugas.Halitumembuktikansiswakurangbisamengikutiinstruksiyangdiberikan.PenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangbertujuanuntukmenghasilkanbukupanduanpelatihanketerampilansosialtingkatlanjutbagisiswaSMP.Panduanpelatihanketerampilansosialiniterdiridaritigaprodukyaitubukupanduankonselorbukupanduansiswadanbukumateripelatihan.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)sebagaiacuannya.Pengembanganbukupanduaninisecaraproseduralmelalui3tahapyaitutahapperencanaantahappengembanganprodukdantahapujicoba.Ujicobadilakukanoleh3orangahlibimbingandankonselingdan3orangahlicalonpenggunaproduk(konselor).Datayangdikumpulkandenganmenggunakanskalapenilaianakseptabilitasyaituuntukmengetahuikegunaankelayakanketepatandankepatutanpanduan.Datayangdiperolehadalahdatakualitatifdankuantitatif.DatakuantitatifdianalisisdenganmenggunakanInter-rateragreementdandatakualitatifdianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptif.Analisisyangdiperolehdarihasildataujiahlidanujipenggunaproduk(konselor)menunjukkanbahwabukupanduanketerampilansosialtingkatlanjutbagisiswaSMPyangmeliputibukupanduankonselorbukupanduansiswadanbukumaterimemenuhikriteriadanlayakuntukdilatihkankepadasiswaSMPsesuaidengankriteriayangditetapkan.PadapenilaianujiahlidanujicalonpenggunamengenaiaspekyangdiujikansecaraumummemperolehhasilbahwabukupanduansangatbergunasangatlayaktepatdansangatpatutuntukdigunakanolehkonselormaupunolehsiswaSMP.Olehkarenaitubukupanduanpelatihanketerampilansosialtingkatlanjutinilayakuntukdiadaptasisebagaimediapembelajarandalambimbingandankonselinggunamencapaiperkembangansiswayangoptimal.Berdasarkanuraiandiatasdisarankanpadapenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuikeefektifitasanproduksehinggaprodukyangdikembangkandapatdigunakanolehkonselormaupunsiswa.