Studi kemampuan siswa SMA Negeri 01 Gondanglegi Malang tahun ajaran 2009/2010 dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konseptual dan algoritma pada materi hukum-hukum dasar kimia / Nanik
Main Author: | Nanik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21765/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPemahamanKonseptualAlgoritmaHukum-HukumDasarKimia.Ilmukimiamerupakanmatapelajaranyangdianggapsulitolehsebagianbesarsiswa.Banyakkonsepdalamilmukimiabersifatabstrakdansiswatidakselaludapatmenghubungkankonseppadapokokbahasantertentudenganpengalamanbelajaryangdimilikinya.Pemahamankonseptualdanalgoritmamerupakanpemahamanyangharusdimilikisiswauntukdapatbelajarkimiadenganbaikdanbenar.MaterikimiayangmencakupkeduapemahamantersebutadalahmateriHukum-HukumDasarKimia.Berdasarkanhaltersebuttujuandalampenelitianadalah(1)untukmengetahuipersentasesiswaSMAkelasXyangdapatmenjawabpertanyaankonseptualdanalgoritmadenganbenardapatmenjawabpertanyaankonseptualdenganbenartetapisalahdalammenjawabpertanyaanalgoritmasalahdalammenjawabpertanyaankonseptualtetapibenardalammenjawabpertanyaanalgoritmadantidakdapatmenjawabpertanyaankonseptualmaupunalgoritmauntukmateriHukum-HukumDasarKimia(2)untukmengetahuikesalahanapasajayangdapatmenyebabkansiswatidakdapatmenyelesaikanpertanyaankonseptualdanalgoritmadenganbenarpadaMateriHukum-HukumDasarKimia.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitiandeskriptif.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMANegeri1GondanglegiMalangtahunajaran2009/2010.SampelpenelitianadalahsiswakelasX-Gyangdipilihberdasarkandatanilairata-rataujianAkhirsemesterGanjil2009/2010.Instrumenpenelitianterlebihdahuludiujicobakandandianalisistingkatkesukarandayabedavaliditasdanrealibilitasnya.Hasilpenelitiandianalisisberdasarkanpersentasesiswayangdapatmenjawabdenganbenarpertanyaanpadamasing-masingkategori.Selanjutnyadianalisisletakkesalahanyangdilakukansiswasehinggatidakdapatmenjawabdenganbenarpertanyaankonseptualmaupunalgoritma.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebesar3088%siswadapatmenjawabdenganbenarpertanyaankonseptualmaupunalgoritma2294%siswadapatmenjawabdenganbenarpertanyaankonseptualtetapisalahdalammenjawabpertanyaanalgoritma2824%siswasalahdalammenjawabpertanyaankonseptualtetapibenardalammenjawabpertanyaanalgoritmadansebesar1794%siswatidakdapatmenjawabpertanyaankonseptualmaupunalgoritma.Siswamengalamikesalahandalammemahamihubunganantarkonsepdanprosedurmatematisuntukmemperolehsuatujawaban.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagarpemahamankonseptualdanalgoritmasiswalebihdiperhatikanlagisecaraproporsional.