Pengaruh penerapan model pembelajaran injuiri terbimbing terhadap prestasi belajar kimia materi hodrokarbon dan respon siswa kelas X MAN 3 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Lailatur Rizqiyah

Main Author: Rizqiyah, Lailatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21754/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLailaturRizqiyah.2009.PengaruhPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingTerhadapPrestasiBelajarKimiaMateriHidrokarbondanResponSiswaKelasXMAN3MalangTahunAjaran2009/2010.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriniM.IskandarM.Sc.Ph.D(II)LaurentOctavianaS.Pd.M.Si.KataKunciinkuiriterbimbingprestasibelajarresponhidrokarbonKurikulumyangberlakusaatiniyaituKTSPpadaprinsipnyamenekankanpadapemberianpengalamanlangsungkepadasiswauntukmengembangkankompetensi.Pelaksanaanpraktikummerupakanpemberianpengalamansecaralangsungdalammendapatkankonsep.Padaumumnyakegiatanpraktikumyangbiasanyadilakukandisekolahdipandudenganmenggunakanpetunjukpraktikumyangsangatlengkapdandetailyangmiripbukuresepmasakan(cookbookrecipes).Halinikurangmelibatkansiswadalammenemukankonsepdasar.Salahsatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswadalammenemukankonsepadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingdankonvensionaldanmengetahuiresponsiswaterhadapprosespembelajarankimiapadamaterihidrokarbon.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)dandeskriptifkuantitatif.PenelitianinidilakukandiMAN3MalangdimanapopulasinyaadalahsiswakelasXsemester2tahunajaran2009/2010yangberjumlahempatkelas.Pengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.DaritekniktersebutdiperolehsampelkelasX-DsebagaikelaseksperimendankelasX-Csebagaikelaskontrol.Kelaseksperimendikenaiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelaskontrolmenggunakanmodelpembelajaranyangbiasadilakukanolehguru(modelkonvensional).Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajarandanangketresponsiswa.Darihasilujicobatesprestasibelajardiperoleh21soalvaliddengantingkatrealibilitas0804.PerbedaanprestasibelajarkelasyangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasyangdibelajarkansecarakonvensionaldianalisisdenganujiMann-Whitney.Untukmemperolehgambaransecaranyatatentangresponsiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanprestasibelajaryangsignifikanantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensionalpadamateripokokhidrokarbon.Rata-rataprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingyaitusebesar9329lebihtinggidaripadaprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensionalyangmempunyainilai7277.Sebanyak666%siswamemberikanresponpositifterhadappembelajarankimiadenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbing.