Pengaruh model pembelajaran quantum teaching snowball throwing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang pada materi senyawa hidrokarbon tahun pelajaran 2009/2010 / Nurul Mawaridah

Main Author: Mawaridah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21753/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMawaridahNurul.2010.PengaruhMetodePembelajaranQuantumTeaching-SnowballThrowingterhadapMotivasidanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMANegeri6MalangpadaMateriSenyawaHidrokarbonTahunPelajaran2009/2010.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.(2)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.KataKunciQuantumTeachingSnowballThrowingMotivasiHasilBelajarKognitifHidrokarbon.SalahsatualternatifuntukmeningkatkankualitaspembelajaranadalahmetodepembelajaranQuantumTeaching-SnowballThrowing.MetodeinidigunakansebagaisalahsatumetodeyanginovatifuntukmengajarkanmaterisenyawahidrokarbondikelasXSMA.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanperbedaanmotivasihasilbelajarkognitifsiswadankorelasiantaramotivasidanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmelaluimetodepembelajaranQuantumTeaching-SnowballThrowing.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)deskriptifkuantitatifdankorelasional.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXSMANegeri6Malangtahunpelajaran2009/2010.SampelpenelitianiniadalahkelasX-10danX-9yangdipilihdenganteknikClusterrandomsampling.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuan(silabusrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)bahanajarlembarkerjasiswa(LKS)dankuis)daninstrumenpengukuran(lembarobservasitesdanangketmotivasi).AnalisisdatahasilpenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifanalisisstatistikkuantitatifdananalisiskorelasionalHasilpenelitianmenunjukkan1)AdaperbedaanantaramotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmelaluimetodepembelajaranQuantumTeaching-SnowballThrowingdanmetodeceramahbermakna(thitung(8545)danttabel(2001)thitungttabel.2)AdaperbedaanantarahasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmelaluimetodepembelajaranQuantumTeaching-SnowballThrowingdanmetodeceramahbermakna(thitung(2326)danttabel(2001)thitungttabel).3)AdakorelasiyangkuatantaramotivasibelajardenganhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmelaluimetodeQuantumTeaching-SnowballThrowing(reksperimen0634).