Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Norainny Yunitasari

Main Author: Yunitasari, Norainny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21747/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYunitasariNorainny.2010.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)BerbantuanMicrosoftPowerpointpadaMateriPerubahanFisikadanPerubahanKimiaKelasVIISMPNegeri1WajakKabupatenMalang.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.DraSriniM.IskandarM.ScPh.D(2)Drs.MuhadiKatakunciPembelajarantipeSTADmicrosoftpowerpointhasilbelajarMulaikurikulum2004matapelajarankimiadiajarkandiSekolahMenengahPertama(SMP).Matapelajarankimiamerupakanmatapelajaranyangsebagianbesarkonsepnyabersifatabstrak.InimerupakantantanganbagiguruSMPsehinggasangatperluinovasi-inovasibarudalammengajar.SalahsatunyaadalahmenerapkansuatumodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Dalampembelajarankooperatifinisiswadapatsalingkerjasamadanmembantuuntukmemahamimateripelajaran.Disampingituperlujugadilakukanpemanfaatanmediapembelajaranyangbisameningkatkanmotivasibelajarsiswayaitusalahsatunyamemanfaatkanprogrammicrosoftpowerpoint.Programinimudahdijalankanolehsiapasajatanpaharusbelajarbahasapemrogramanterlebihdahulu.PenelitianinimenggunakanpowerpointdanmodelpembelajarantipeSTADuntukpembelajaranmateriperubahanfisikadanperubahankimiadiSMPNegeri1Wajak.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuihasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia(2)mengetahuihasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia(3)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmicrosoftpowerpointdengansiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu.RancanganpenelitianeksperimensemuinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswapadakelasyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganbantuanmicrosoftpowerpoint(kelaseksperimen)dengankelasyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpoint(kelaskontrol).Macam-macamvariabelpenelitianiniadalahmediapembelajaranmicrosoftpowerpointsebagaivariabelbebasmodelpembelajarantipeSTADmateriajaryangdiberikandalamprosespembelajarandanwaktupembelajaransebagaivariabelkontrolhasilpost-testke-3sebagaivariabelterikat.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahsilabusRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)handoutLKSlembardiskusisiswadanpowerpointsebagaiinstrumenperlakuansertasoalpre-testdanpost-testsebagaiinstrumenpengukuran.BerdasarkanhasilpenelitiankelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointlebihbaikdaripadakelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.KelasyangmendapatperlakuanmodelpembelajaranSTADberbantuanpowerpointmemilikinilairata-ratasebesar6796dengannilaitertinggi100dannilaiterendah4167.KelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTADmemilikinilairata-ratasebesar5752dengannilaitertinggi9167dannilaiterendah25.ObservasiselamapenelitianmenghasilkankesimpulanbahwakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointmemilikikeseriusanyanglebihtinggidalammengikutipembelajarandibandingkankelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.SelainitukerjasamadalamkelompokpadakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointlebihbaikdibandingkanpadakelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.UjihipotesisdenganujiTmenghasilkannilaisignifikansiyanglebihkecildari945sehinggaadaperbedaanhasilbelajarantarakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointdengankelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.OlehkarenaitupenelitimenyimpulkankalaupenggunaanpowerpointdalampembelajaranSTADbisameningkatkanhasilbelajarsiswa.