Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Norainny Yunitasari
Main Author: | Yunitasari, Norainny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21747/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYunitasariNorainny.2010.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)BerbantuanMicrosoftPowerpointpadaMateriPerubahanFisikadanPerubahanKimiaKelasVIISMPNegeri1WajakKabupatenMalang.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.DraSriniM.IskandarM.ScPh.D(2)Drs.MuhadiKatakunciPembelajarantipeSTADmicrosoftpowerpointhasilbelajarMulaikurikulum2004matapelajarankimiadiajarkandiSekolahMenengahPertama(SMP).Matapelajarankimiamerupakanmatapelajaranyangsebagianbesarkonsepnyabersifatabstrak.InimerupakantantanganbagiguruSMPsehinggasangatperluinovasi-inovasibarudalammengajar.SalahsatunyaadalahmenerapkansuatumodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Dalampembelajarankooperatifinisiswadapatsalingkerjasamadanmembantuuntukmemahamimateripelajaran.Disampingituperlujugadilakukanpemanfaatanmediapembelajaranyangbisameningkatkanmotivasibelajarsiswayaitusalahsatunyamemanfaatkanprogrammicrosoftpowerpoint.Programinimudahdijalankanolehsiapasajatanpaharusbelajarbahasapemrogramanterlebihdahulu.PenelitianinimenggunakanpowerpointdanmodelpembelajarantipeSTADuntukpembelajaranmateriperubahanfisikadanperubahankimiadiSMPNegeri1Wajak.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuihasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia(2)mengetahuihasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia(3)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1WajakyangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmicrosoftpowerpointdengansiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpointpadamateriperubahanfisikadanperubahankimia.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu.RancanganpenelitianeksperimensemuinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswapadakelasyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganbantuanmicrosoftpowerpoint(kelaseksperimen)dengankelasyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADtanpabantuanmicrosoftpowerpoint(kelaskontrol).Macam-macamvariabelpenelitianiniadalahmediapembelajaranmicrosoftpowerpointsebagaivariabelbebasmodelpembelajarantipeSTADmateriajaryangdiberikandalamprosespembelajarandanwaktupembelajaransebagaivariabelkontrolhasilpost-testke-3sebagaivariabelterikat.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahsilabusRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)handoutLKSlembardiskusisiswadanpowerpointsebagaiinstrumenperlakuansertasoalpre-testdanpost-testsebagaiinstrumenpengukuran.BerdasarkanhasilpenelitiankelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointlebihbaikdaripadakelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.KelasyangmendapatperlakuanmodelpembelajaranSTADberbantuanpowerpointmemilikinilairata-ratasebesar6796dengannilaitertinggi100dannilaiterendah4167.KelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTADmemilikinilairata-ratasebesar5752dengannilaitertinggi9167dannilaiterendah25.ObservasiselamapenelitianmenghasilkankesimpulanbahwakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointmemilikikeseriusanyanglebihtinggidalammengikutipembelajarandibandingkankelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.SelainitukerjasamadalamkelompokpadakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointlebihbaikdibandingkanpadakelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.UjihipotesisdenganujiTmenghasilkannilaisignifikansiyanglebihkecildari945sehinggaadaperbedaanhasilbelajarantarakelasyangmendapatperlakuanpembelajaranSTADberbantuanpowerpointdengankelasyanghanyamendapatperlakuanpembelajaranSTAD.OlehkarenaitupenelitimenyimpulkankalaupenggunaanpowerpointdalampembelajaranSTADbisameningkatkanhasilbelajarsiswa.