Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi bahan kimia rumah tangga untuk siswa SMP kelas VIII / Elvia Chusnul Chotimah
Main Author: | Chotimah, Elvia Chusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21746/ |
Daftar Isi:
- Pendidikanmerupakanprosesyangkompleksyangdapatmempengaruhiaspekkehidupanyangdikembangkanmelaluiprosesbelajardanpembelajaran.Agardidapatkansuatuprosespembelajaranyangoptimalmakadiperlukanalatbantuataumediayangmampumenumbuhkanpembelajaranyangefektifdanefisien.SalahsatukajiandalamilmukimiadiSMPadalahbahankimiarumahtangga.Dalammateriiniterdapatsebagaiankonsepabstrakyangdapatmenyebabkankesulitanbelajarsiswasehinggapembelajarankurangberjalanoptimal.Untukmembantusiswadalammemahamikonsep-konsepabstraktersebutmakadibutuhkanmediayangdapatmemvisualisasikanmaterisecaramakroskopissepertimediapembelajaranberbasiskomputer.Olehsebabitupenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasiskomputeryangmenarikinteraktifdanmudahdipahamiuntukmateribahankimiarumahtangga.ModelpengembanganmediapembelajaraniniadalahmodelDickandCareydenganbeberapapenyesuaianyangdiperlukan.Validasimediapembelajaranyangdikembangkanmenggunakaninstrumenberupaangket/kuisionertertutup.ValidasimeliputivalidasiisiyangmelibatkanvalidatorduaDosenKimiaUMdanduaGuruSMPN20Malang.Ujiterbatasdilakukanpada37siswaSMPN20Malang.Setelahmelaluitahapvalidasimediapembelajarandiperbaikiberdasarkansaran-saranyangdiberikanvalidator.HasilpenelitianpengembanganiniberupamediapembelajaranbahankimiarumahtanggayangdikemasdalamCD.Mediapembelajaranyangdirancangdigunakangurusebagaialatbantupembelajarandikelasdandapatdigunakanuntukbelajarmandirisiswadenganbantuangurusebagaifasilitator.Hasilujikelayakanmenunjukkkanbahwamediayangdihasilkanmempunyaitingkatkelayakan8360%untukvalidasiisidan871%untukujiterbatas.DengandemikianmediainitelahlayakdigunakansebagaisalahsatuperangkatpembelajaranuntukmateribahankimiarumahtanggadiSMPKelasVIII.Walaupundemikianefektivitasmediainimasihperluditelitilebihlanjutmelaluikegiatanvalidasiempirisdikelas.