Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi bahan kimia rumah tangga untuk siswa SMP kelas VIII / Elvia Chusnul Chotimah

Main Author: Chotimah, Elvia Chusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21746/
Daftar Isi:
  • Pendidikanmerupakanprosesyangkompleksyangdapatmempengaruhiaspekkehidupanyangdikembangkanmelaluiprosesbelajardanpembelajaran.Agardidapatkansuatuprosespembelajaranyangoptimalmakadiperlukanalatbantuataumediayangmampumenumbuhkanpembelajaranyangefektifdanefisien.SalahsatukajiandalamilmukimiadiSMPadalahbahankimiarumahtangga.Dalammateriiniterdapatsebagaiankonsepabstrakyangdapatmenyebabkankesulitanbelajarsiswasehinggapembelajarankurangberjalanoptimal.Untukmembantusiswadalammemahamikonsep-konsepabstraktersebutmakadibutuhkanmediayangdapatmemvisualisasikanmaterisecaramakroskopissepertimediapembelajaranberbasiskomputer.Olehsebabitupenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasiskomputeryangmenarikinteraktifdanmudahdipahamiuntukmateribahankimiarumahtangga.ModelpengembanganmediapembelajaraniniadalahmodelDickandCareydenganbeberapapenyesuaianyangdiperlukan.Validasimediapembelajaranyangdikembangkanmenggunakaninstrumenberupaangket/kuisionertertutup.ValidasimeliputivalidasiisiyangmelibatkanvalidatorduaDosenKimiaUMdanduaGuruSMPN20Malang.Ujiterbatasdilakukanpada37siswaSMPN20Malang.Setelahmelaluitahapvalidasimediapembelajarandiperbaikiberdasarkansaran-saranyangdiberikanvalidator.HasilpenelitianpengembanganiniberupamediapembelajaranbahankimiarumahtanggayangdikemasdalamCD.Mediapembelajaranyangdirancangdigunakangurusebagaialatbantupembelajarandikelasdandapatdigunakanuntukbelajarmandirisiswadenganbantuangurusebagaifasilitator.Hasilujikelayakanmenunjukkkanbahwamediayangdihasilkanmempunyaitingkatkelayakan8360%untukvalidasiisidan871%untukujiterbatas.DengandemikianmediainitelahlayakdigunakansebagaisalahsatuperangkatpembelajaranuntukmateribahankimiarumahtanggadiSMPKelasVIII.Walaupundemikianefektivitasmediainimasihperluditelitilebihlanjutmelaluikegiatanvalidasiempirisdikelas.