Pengembangan perangkat pembelajaran kimia pada materi bahan kimia di sekitar kita dan narkoba untuk kelas VIII SMP-BI dengan menggunakan strategi react / Tyan Dini Wahyunita
Main Author: | Wahyunita, Tyan Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21744/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyunitaTyanDini.2010.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaPadaMateriBahanKimiadiSekitarKitadanNarkobaUntukKelasVIIISMP-BIDenganMenggunakanStrategiREACT.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PrayitnoM.Pd.(II)Dra.SriRahayuM.Ed.KatakunciperangkatpembelajaranbahankimiadisekitarkitadannarkobastrategiREACT.SekolahBertarafInternasional(SBI)tingkatSMPmulaidirintistahun2007.HalinidilakukandalamrangkameningkatkanmutupendidikandiIndonesia.OlehkarenaitupedomanpenyelenggaraanSBImengacupadapolaatausistempendidikandarinegaranegaramaju.Dengandemikianparadigmapembelajaranpendekatanpembelajaranmodelpembelajarandanstrategipembelajaranyangdianutdanditerapkanharusbersifatlebihmodern.Untukmendukungterlaksananyabeberapahaltersebutdiperlukanadanyapengembanganperangkatpembelajaranyangdapatmengakomodasikomponen-komponenpembelajarandiSBI.AkantetapifaktanyahaltersebutbelumbanyakdilakukansehinggapenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranuntukSBIkhususnyaSMPdenganmenggunakanstrategiinovatifyaituREACT.StrategiREACTadalahstrategiyangdalamaplikasinyamenerapkanlimatahapyangmerupakanakronimdariREACTyaiturelating(mengaitkan)experiencing(mengalami)applying(menerapkan)cooperating(bekerjasama)dantransferring(memindahkan).PerangkatpembelajaranyangdikembangkanterbataspadamateripokokBahanKimiaDiSekitarKitadanNarkoba.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagianutama.BagianpertamamerupakanPanduanGuru(TeachersGuide)yangterdiriatasSilabusdanSistemPenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)InstrumenpenilaiansertaBukuGuru(TeachersBook).BagiankeduaadalahBukuSiswa(StudentsBook)yangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Metodeyangdigunakandidalampenelitianiniadalahsurveikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaran.LangkahselanjutnyadilakukanvalidasisedangkanpengembanganproduknyaberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisperhitunganpersentaseskoritemkuesioner.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8670%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.