Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan strategi react untuk SMP bertaraf internasional pada materi pokok unsur, senyawa, campuran dan pemisahan campuran / Sucahyono Adhi R

Main Author: Adhi R, Sucahyono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21743/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdhiSucahyono.2010.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaDenganStrategiREACTUntukSMPBertarafInternasionalPadaMateriPokokUnsurSenyawaCampurandanPemisahanCampuran.ProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.PrayitnoM.Pd.(2)Dra.SriRahayuM.Ed.KataKunciperangkatpembelajaranstrategiREACTSMPbertarafinternasional(SMP-BI)unsursenyawacampurandanpemisahancampuran.UntukmemenuhituntutanSDMberdayasainginternasionladalmbidangpendidikanpemerintahmengembangkansekolahyangsudahmemenuhistandarnasionalpenddikan(SNP)menjadisekolahbertarafinternasional(SBI).PengembangansekolahinidilakukanpadaberabagaijenjangendidikantermasukdiSekolahMenengahPertama(SMP).SAlahsatumatapelajarandalamkurikulumSMP-BIadalahkimiayangterintegrasidenganpelajaranbiologidanfisikadalammatapelajaransains.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajarankimiauntukSMP-BIterutamapadapokokbahasanunsursenyawacampurandanpemisahancampuran.Pengembanganperangkatpembelajaraninididasariolehpembelajaranyangsifatnyakonstruktivistikdankontekstual.DalammenerapkanpembelajarankontekstualdigunakanstrategiREACTyangmempunyailimatahappembelajaranyaiturelating(mengaitkan)experiencing(mengalami)applying(menerapkan)cooperating(bekerjasama)dantransfering(memindahkan)Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagianutama.BagianpertamamerupakanPanduanGuru(TeachersGuide)yangterdiriatasSilabusdanSistimPenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)InstrumenpenilaiansertaBukuGuru(TeachersBook)yangdidalamnyaterdapatmediaberupavideodanpowerpoint.BagiankeduaadalahBukuSiswa(StudentsBook)yangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Metodeyangdigunakandidalampenelitianiniadalahsurveikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaran.LangkahselanjutnyadilakukanvalidasisedangkanpengembanganproduknyaberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Langkah-langkahmodelpengembanganDickdanCareyyaitumengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananalisismateripelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriapemilihanstrategipembelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmelakukanevaluasiformatif(validasi)melakukanrevisidanmemproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianiiipengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8864%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.Namununtukmengetahuiefektivitasperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkanperludilakukanujilapangan.Perangkatpembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstualjugaperludikembangkanuntuktopikyanglain.