Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan strategi react untuk SMP bertaraf internasional pada materi pokok unsur, senyawa, campuran dan pemisahan campuran / Sucahyono Adhi R
Main Author: | Adhi R, Sucahyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21743/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdhiSucahyono.2010.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaDenganStrategiREACTUntukSMPBertarafInternasionalPadaMateriPokokUnsurSenyawaCampurandanPemisahanCampuran.ProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.PrayitnoM.Pd.(2)Dra.SriRahayuM.Ed.KataKunciperangkatpembelajaranstrategiREACTSMPbertarafinternasional(SMP-BI)unsursenyawacampurandanpemisahancampuran.UntukmemenuhituntutanSDMberdayasainginternasionladalmbidangpendidikanpemerintahmengembangkansekolahyangsudahmemenuhistandarnasionalpenddikan(SNP)menjadisekolahbertarafinternasional(SBI).PengembangansekolahinidilakukanpadaberabagaijenjangendidikantermasukdiSekolahMenengahPertama(SMP).SAlahsatumatapelajarandalamkurikulumSMP-BIadalahkimiayangterintegrasidenganpelajaranbiologidanfisikadalammatapelajaransains.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajarankimiauntukSMP-BIterutamapadapokokbahasanunsursenyawacampurandanpemisahancampuran.Pengembanganperangkatpembelajaraninididasariolehpembelajaranyangsifatnyakonstruktivistikdankontekstual.DalammenerapkanpembelajarankontekstualdigunakanstrategiREACTyangmempunyailimatahappembelajaranyaiturelating(mengaitkan)experiencing(mengalami)applying(menerapkan)cooperating(bekerjasama)dantransfering(memindahkan)Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagianutama.BagianpertamamerupakanPanduanGuru(TeachersGuide)yangterdiriatasSilabusdanSistimPenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)InstrumenpenilaiansertaBukuGuru(TeachersBook)yangdidalamnyaterdapatmediaberupavideodanpowerpoint.BagiankeduaadalahBukuSiswa(StudentsBook)yangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Metodeyangdigunakandidalampenelitianiniadalahsurveikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaran.LangkahselanjutnyadilakukanvalidasisedangkanpengembanganproduknyaberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Langkah-langkahmodelpengembanganDickdanCareyyaitumengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananalisismateripelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriapemilihanstrategipembelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmelakukanevaluasiformatif(validasi)melakukanrevisidanmemproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianiiipengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8864%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.Namununtukmengetahuiefektivitasperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkanperludilakukanujilapangan.Perangkatpembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstualjugaperludikembangkanuntuktopikyanglain.