Pengembangan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI dengan menggunakan strategi react pada pokok bahasan perubahan materi, reaksi kimia dan asam basa / Ajeng Nega Reni Damayanti
Main Author: | Damayanti, Ajeng Nega Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21742/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDamayantiAjengNegaReni.2008.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiauntukSMP-BIDenganMenggunakanStrategiREACTpadaPokokBahasanPerubahanMateriReaksiKimiadanAsam-basa.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PrayitnoM.Pd.(II)Dra.SriRahayuM.Ed.KatakunciperangkatpembelajaranperubahanmaterireaksikimiaasambasastrategiREACT.Mulaitahun2007pemerintahmengembangkansekolahyangsudahmemenuhistandarnasionalpendidikan(SNP)menjadisekolahyangberstandarinternasional(SBI).PengembangansekolahinidiberbagaijenjangpendidikantermasukdiSekolahMenengahPertama(SMP).SalahsatumatapelajarandalamkurikulumSMP-BIadalahkimiayangtergabungdenganbiologidanfisikadalammatapelajaransains.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajarankimiauntukSMP-BIterutamadalampokokbahasanperubahanmaterireaksikimiadanasambasa.Pengembanganperangkatpembelajaraninididasariolehpembelajaranyangsifatnyakonstruktivistikdankontekstual.DalammenerapkanpembelajarankontekstualdigunakanstrategiREACTyangmempunyailimatahappembelajaranyaiturelating(mengaitkan)experiencing(mengalami)applying(menerapkan)cooperating(bekerjasama)dantransferring(memindahkan).ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganDickandCareyyanglangkah-langkahnyaterdiridarimengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananalisismateripembelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalamanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriamengembangkanstrategipembelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmerancangdanmelaksanakanevaluasiformatifmelakukanrevisidanmerancangdanmelaksanakanevaluasisumatif.Sedangkanvalidasiperangkatpembelajarandilakukanmelaluivalidasiahli.Hasilyangdiperolehkemudiandianalisisuntukmengetahuikelayakandariperangkatpembelajaranhasilpengembangan.Teknikanalisisdenganmenggunakananalisisperhitunganpersentase.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8830%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.Namununtukmengetahuiefektivitasperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkanperludilakukanujilapangan.Perangkatpembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstualjugaperludikembangkanuntuktopikyanglaindanuntuksekolahyangbertarafinternasionalsebaiknyadikembangkanperangkatyangberbahasainggris.