Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon / Ika Prasetyaningsih

Main Author: Prasetyaningsih, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21739/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetiyaningsihIka.2010.PengaruhPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTGT(TeamsGamesTournament)TerhadapAktivitasdanPrestasiBelajarKimiaSiswaKelasXSMANegeri1NglamesPadaPokokBahasanHidrokarbon.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.ParlanM.Si.(II)Dra.DedekSukarianingsihM.PdM.Si.KatakuncimodelpembelajarankooperattiftipeTGT(TeamsGamesTournament)aktivitasdanprestasibelajar.PenerapanKTSPyangdiiringidenganpembelajaranyangaktifkreatifefektifdanmenyenangkandiharapkanmampumeningkatkanmutupendidikan.Belajarbukanlahmenghafalsejumlahfaktaatauinformasi.Belajaradalahberbuatuntukmemperolehpengalamantertentusesuaidengantujuanyangdiharapkankarenaitulahpembelajaranharusmampumendorongaktivitassiswa.BerdasarkansurveyyangdilakukanpenelitidiketahuibahwaprosespembelajaranyangdigunakandiSMANegeri1Nglamesadalahpembelajaranyangbelumbanyakvariasidiantaranyagurumengajardenganmetodeceramahdanataukelompok.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(1)ApakahpenerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasXSMANegeri1Nglamespadapokokbahasanhidrokarbon.(2)PengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)terhadapprestasibelajarsiswakelasXSMANegeri1Nglamespadapokokbahasanhidrokarbon.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimental.Rancanganeksperimentaldigunakanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranterhadapprestasibelajar.Sampelpenelitiandiambilduakelassecaraacakdenganundianyangkeduanyamendapatkanperlakuanyangsamadarisegitujuandanmateriyangdiajarkan.Perbedaannyaterletakpadamodelpembelajaranyangdigunakan.KelaseksperimentalyaitukelasyangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament).Kelaskontroldiajarmenggunakanmetodeyangbiasadigunakanolehgurunyauntukmengajaryaitupembelajarankelompok.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMAN1NglamesKabupatenMadiuntahunajaran2008/2009sampeladalahsiswakelasX-AdanX-C.Instrumenpenelitianterdiriatasposttestdanlembarobservasi.Hasilujicobadiperoleh30soalvaliddenganreliabilitas0861.Datapenelitiandianalisismenggunakanuji-tduapihakdengantarafsignifikan945005.Aktivitassiswadianalisisdengancaraperhitunganpersentaseketercapaianaktivitassiswaselamapembelajarandarihasilobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasXSMANegeri1Nglamespadapokokbahasanhidrokarbon.HaliniterlihatdaripersentaseketercapaianaktivitassiswaselamapembelajaranuntusiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTpadatiapaspekcenderungnaikdanlebihtinggidibandingkansiswayangdiajardenganpembelajarankelompok.(2)adapengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)terhadapprestasibelajarsiswakelasXSMANegeri1Nglamespadapokokbahasanhidrokarbon.PrestasibelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)lebihbaik(rata-rata832)daripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankelompok(rata-rata768).BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)dapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswakelasXSMANegeri1Nglamespadapokokbahasanhidrokarbon.DisarankanagargurumenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdalampembelajarandikelasuntukmaterilainyangsesuaisebagaivariasidalammengajar.