Pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) berbantuan media pembelajaran pada materi pokok alkana, alkena, dan alkuna terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2008/2009 / Yuni Setyosari
Main Author: | Setyosari, Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21715/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyosariYuni.2009.PengaruhPembelajaranKooperatifModelTGT(TeamGameTournament)BerbantuanMediaPembelajaranpadaMateriPokokAlkanaAlkenadanAlkunaterhadapMotivasidanHasilBelajarKimiaKelasXSMANegeri1GondangKabupatenNganjukTahunPelajaran2008/2009.Skripsi.ProgramStudiPendidikanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.NazriatiM.Si(2)Drs.Muhadi.KataKunciKooperatifmodelTGTmediapembelajaranhasilbelajarkimia.PelaksanaanpembelajaranKimiadiharapkanmenggunakanmetodepembelajaranyangberorientasikonstruktivistik.SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmenunjukkanperanaktifsiswaadalahmetodekooperatifmodelTGT(TeamGameTournament).PadapenelitianiniditerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelTGTberbantuanmediapembelajaranuntukmengatasimasalahhasilbelajarsiswayangkurangmemuaskan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanpembelajarandenganmetodekooperetifmodelTGTberbantuanmediapembelajaran.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianpengembanganeksperimentalsemudandeskriptif.Rancanganpengembangandigunakanuntukmengembangkanmediapembelajaranpadamateripokokalkanaalkenadanalkuna.PengembanganmenggunakanmodelDickandCarey.Implementasihasilpengembanganmenggunakanrancanganeksperimensemu.Sedangkanrancangandeskriptifdigunakanuntukmengetahuimotivasibelajarsiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMAN1GondangKabupatenNganjukkelasXsemester2tahunajaran2008/2009.SampelpenelitianadalahkelasX-1sebagaikelaseksperimendankelasX-2sebagaikelaskontrol.PadakelaseksperimendilakukanpembelajaranKooperatimodelTGTberbantuanmediapembelajarandankelaskontroldilakukanpembelajaranKooperatifmodelTGT.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranlembarobservasiteskognitifdanangketmotivasibelajar.Darihasilujicobateshasilbelajardiperoleh32soalvaliddengannilaireliabilitas0646.Perbedaanhasilbelajarsiswakelaseksperimendankelaskontroldianalisismenggunakanuji-tsatupihak.Sedangkanmotivasibelajardideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrol.Haliniterlihatdarirata-ratahasilbelajarkelaseksperimensebesar7875dankelaskontrolsebesar773.Begitujuganilaiafektifdanpsikomotoriksiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadanilaiafektifdanpsikomotoriksiswakelaskontrol.(2)MotivasibelajarsiswatehadappenggunaanmetodepembelajarankooperatifmodelTGTadalahpositif.