Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok koloid / Anis Shalikhawati
Main Author: | Shalikhawati, Anis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21713/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKShalikhawatiAnis.2009.PenerapanMetodePembelajaranInkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaKelasXI-IASMANegeri8MalangpadaMateriPokokKoloid.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumariM.Si(II)Drs.AmanSantosoM.Si.KataKunciinkuiriterbimbingkerjailmiahmotivasiprestasikoloidPembelajarankimiaberkaitandengancaramencaritahudanmemahamisecarasistematissehinggakimiabukanhanyasekedarpenguasaankumpulanpengetahuanberupafaktakonsepprinsiptetapijugaprosespenemuan.Konsep-konsepkimiamempunyaisifatabstrakdanberjenjangsehinggapembelajarankimiaditekankanpadapengalamanbelajarsecaralangsungmelaluipenggunaandanpengembanganketrampilanprosesdansikapilmiah.Upayameningkatkanketrampilankerjailmiahsiswaadalahdenganmemberikanserangkaiankegiatanyangdapatmeningkatkankerjailmiah.Salahsatumetodemengajarsainskimiayangdapatmeningkatkankerjailmiahsiswaadalahdenganmetodeinkuiriterbimbing.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanprestasidanmotivasibelajarantarasiswayangdiajardenganmetodeinkuiriterbimbingdankonvensionalmengetahuipengaruhpenerapanmetodeinkuiriterbimbingdalamupayameningkatkanketrampilankerjailmiahsiswadanmengetahuipersepsisiswaterhadapprosespembelajarankimiadenganmaterikoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)danrancangandeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIsemester2SMANegeri8Malangtahunajaran2008/2009yangberjumlahlimakelasyaitukelasXI-IA1sampaiXI-IA5.Pengambilansampeldilakukandengantekniksamplingkelompok.DaritekniktersebutdiperolehsampeldalampenelitianiniadalahkelasXI-IA2sebagaikelaseksperimendankelasXI-IA3sebagaikelaskontrol.Kelaseksperimendikenaiperlakuanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdankelaskontrolmenggunakanmetodepembelajaranyangbiasadilakukanolehguru(metodekonvensional).Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranlembarobservasiketrampilankerjailmiahsiswaangketmotivasibelajardanpersepsisiswa.Darihasilujicobatesprestasibelajardiperoleh32soalvaliddengantingkatrealibilitas0914.PerbedaanprestasibelajarkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganujiMann-Whitneysedangkanperbedaanmotivasibelajarkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganuji-tduapihakUntukmemperolehgambaransecaranyatatentangketerampilankerjailmiahdanpersepsisiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanprestasibelajaryangsignifikanantarasiswayangdiajarmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdiajarsecarakonvensionalpadamateripokokkoloiddimanaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggi(8728)daripadasiswayangdiajardenganmetodekonvensional(7966)(2)Penerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingmemberikanpengaruhyangpositifterhadapketrampilankerjailmiahsiswahalinidapatdilihatdaripeningkatanketercapaianketrampilankerjailmiahsiswaselamaempatkalipertemuanselamaprosespembelajaran(3)Motivasibelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdiajarsecarakonvensionalpadamateripokokkoloid(4)Persepsisiswaterhadapprosespembelajarankimiadenganmaterikoloidsebagianbesaradalahpositif.Sehinggadapatdikatakanbahwapenerapanpembelajarandenganmetodeinkuiriterbimbingmemberikanpengaruhpositifdalammeningkatkanketrampilankerjailmiahmotivasidanprestasibelajarsiswa.