Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok koloid / Anis Shalikhawati

Main Author: Shalikhawati, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21713/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKShalikhawatiAnis.2009.PenerapanMetodePembelajaranInkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaKelasXI-IASMANegeri8MalangpadaMateriPokokKoloid.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumariM.Si(II)Drs.AmanSantosoM.Si.KataKunciinkuiriterbimbingkerjailmiahmotivasiprestasikoloidPembelajarankimiaberkaitandengancaramencaritahudanmemahamisecarasistematissehinggakimiabukanhanyasekedarpenguasaankumpulanpengetahuanberupafaktakonsepprinsiptetapijugaprosespenemuan.Konsep-konsepkimiamempunyaisifatabstrakdanberjenjangsehinggapembelajarankimiaditekankanpadapengalamanbelajarsecaralangsungmelaluipenggunaandanpengembanganketrampilanprosesdansikapilmiah.Upayameningkatkanketrampilankerjailmiahsiswaadalahdenganmemberikanserangkaiankegiatanyangdapatmeningkatkankerjailmiah.Salahsatumetodemengajarsainskimiayangdapatmeningkatkankerjailmiahsiswaadalahdenganmetodeinkuiriterbimbing.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanprestasidanmotivasibelajarantarasiswayangdiajardenganmetodeinkuiriterbimbingdankonvensionalmengetahuipengaruhpenerapanmetodeinkuiriterbimbingdalamupayameningkatkanketrampilankerjailmiahsiswadanmengetahuipersepsisiswaterhadapprosespembelajarankimiadenganmaterikoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)danrancangandeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIsemester2SMANegeri8Malangtahunajaran2008/2009yangberjumlahlimakelasyaitukelasXI-IA1sampaiXI-IA5.Pengambilansampeldilakukandengantekniksamplingkelompok.DaritekniktersebutdiperolehsampeldalampenelitianiniadalahkelasXI-IA2sebagaikelaseksperimendankelasXI-IA3sebagaikelaskontrol.Kelaseksperimendikenaiperlakuanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdankelaskontrolmenggunakanmetodepembelajaranyangbiasadilakukanolehguru(metodekonvensional).Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahperangkatpembelajaranlembarobservasiketrampilankerjailmiahsiswaangketmotivasibelajardanpersepsisiswa.Darihasilujicobatesprestasibelajardiperoleh32soalvaliddengantingkatrealibilitas0914.PerbedaanprestasibelajarkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganujiMann-Whitneysedangkanperbedaanmotivasibelajarkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganuji-tduapihakUntukmemperolehgambaransecaranyatatentangketerampilankerjailmiahdanpersepsisiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanprestasibelajaryangsignifikanantarasiswayangdiajarmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdiajarsecarakonvensionalpadamateripokokkoloiddimanaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggi(8728)daripadasiswayangdiajardenganmetodekonvensional(7966)(2)Penerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingmemberikanpengaruhyangpositifterhadapketrampilankerjailmiahsiswahalinidapatdilihatdaripeningkatanketercapaianketrampilankerjailmiahsiswaselamaempatkalipertemuanselamaprosespembelajaran(3)Motivasibelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdiajarsecarakonvensionalpadamateripokokkoloid(4)Persepsisiswaterhadapprosespembelajarankimiadenganmaterikoloidsebagianbesaradalahpositif.Sehinggadapatdikatakanbahwapenerapanpembelajarandenganmetodeinkuiriterbimbingmemberikanpengaruhpositifdalammeningkatkanketrampilankerjailmiahmotivasidanprestasibelajarsiswa.