Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Angkasa Singosari Malang pada pokok bahasan zat aditif makanan, zat aditif, dan psikotropika / Dwi Asti Ardiani
Main Author: | Ardiani, Dwi Asti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21701/ |
Daftar Isi:
- Motivasibelajarsangatdiperlukandalamkegiatanpembelajaran.Banyakpenelitianyangmenunjukkanbahwamotivasibelajarberkaitaneratdenganhasilbelajar.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurubiologiSMAN8MalangdiketahuibahwaselamainipembelajaranBiologidiSMPAngkasaSingosariMalangmenggunakanmetodekonvensionaldengansedikitsekalipraktikum.Parasiswakurangaktifdalammengikutikegiatanpembelajaransehinggahasilbelajarnyatidakmaksimaldanpembelajaranmenjadikurangbermakna.MasihbanyaksiswayangbelummencapainilaiSKMsekolah(75).Dariobservasiawaldiketahuibahwa439%siswabelummencapaiSKM.Guruberusahauntukmeningkatkankualitaspembelajaranagarhasilyangdicapaisesuaidenganharapan.GuruberusahameningkatkankualitaspembelajarandenganmemberitugaskelompokmemberikanLKSmemberikantugasrumahuntukmembuatrangkuman.Namunternyatausaha-usahatersebutbelumberhasiluntukdapatmeningkatkankualitaspembelajaransehinggaguruharusmemilihsalahsatumetodeyangdapatditerapkandikelasuntukmengatasipermasalahanpembelajarandikelas.Salahsatukeunggulandaripembelajarankooperatifmodeljigsawadalahadanyatanggungjawabsetiapanggotakelompokyangdapatmeningkatkanmotivasisiswauntukbelajardenganbaikuntukdapatmemberikanpenjelasankepadaanggotakelompoklainnyase-hinggadiharapkanhasilbelajarsiswaakanmeningkat.Tujuandaripenelitianiniadalah1)meningkatkanmotivasibelajarsiswakelasX.3SMPAngkasaSingosariMalangtahunajaran2008/2009melaluipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsawdan2)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasX.3SMPAngkasaSingosariMalangtahunajaran2008/2009melaluipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsaw.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)atauPTK.PelaksanaantindakandilaksanakanpadabulanPebruari-Juni2009.SumberdatadalampenelitianiniadalahmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX.3SMAN8Malang.Motivasibelajarsiswameliputiaspekminatkeaktifanusahakonsentrasidanefisiensikerja.Hasilbelajarsiswadiukurdariaspekkognitifyaitudarihasilulanganharianyangdilaksanakantiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsawuntukmatapelajaranBiologidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasX.3SMAN8Malangterlihatdarimeningkatnyamotiva-sibelajarklasikaldengankategoribaikdari5024%padasiklusImenjadi6975%padasiklusII.PenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsawuntukmatapelajaranBiologidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX.3SMAN8Malangterlihatdarimeningkatnyapersentasekeberhasilanbelajarklasikaldari6585%padasiklusImenjadi8049%