Pengembangan modul pembelajaran kimia materi bahan kimia di rumah berbasis kontekstual dengan strategi react untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Endah Wulandari
Main Author: | Wulandari, Endah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21695/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariEndah.2009.PengembanganModulPembelajaranKimiaMateriBahanKimiadiRumahBerbasisKontekstualdenganStrategiREACTuntukSiswaSMP/MTsKelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.ParlanM.Si.(II)Dra.DedekSukarianingsihM.Pd.M.Si.KatakuncimodulpembelajarankontekstualdenganstrategiREACTBahanKimiadiRumah.KTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan)merupakankurikulumpenyempurnaKurikulumBerbasisKompetensi(2004).MelaluiKTSPinidilakukanpenyempurnaankurikulumpadatingkatsatuanpendidikansalahsatunyapadatingkatSMP/MTs.BahankajianKimiamerupakanbahankajianbaruuntuktingkatSMP/MTssejakdiberlakukannyakurikulum2004.OlehkarenaitudiperlukansuatusumberbelajaruntukmemperkenalkanilmuKimiadiSMP/MTssalahsatunyaadalahmodul.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakandalampengembanganmodulpembelajarankimiauntukmateriBahanKimiadiRumahadalahkontekstualdenganstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingandTrasfering).SejauhinibelumtersediamodulpembelajarankimiauntukSMP/MTsberbasiskontekstualdenganstrategiREACTyangmenggunakanKTSPsebagaiacuankurikulum.TujuanutamapenelitianpengembanganiniadalahmembuatmodulpembelajarankimiamateriBahanKimiadiRumahberbasiskontekstualdenganstrategiREACTuntuksiswaSMP/MTskelasVIII.ModelpengembanganmodulBahanKimiadiRumahberbasiskontekstualdenganmenggunakanstrategiREACTinimengacupada10langkahpenelitiandanpengembanganmenurutGalldanBorg(dalamSukmadinata2005170-181).Akantetapikarenaketerbatasanwaktudanbiayamakapenelitianpengembanganinidibatasisampailangkahketiga.Langkah-langkahpengembanganyangdilakukanadalahsebagaiberikut(1)penelitiandanpengumpulandatayangmeliputipengukurankebutuhanstudiliteraturdanpenelitiandalamskalakecil(2)perencanaanpengembanganprodukyangmeliputirancanganprodukyangmencakuptujuanpenggunaanproduksiapapenggunaprodukkomponen-komponenprodukdanprosespengembangandenganmempertimbangkanbiayaorang-orangyangberpartisipasidalampengembanganalatdanbahanyangdiperlukandanwaktuyangdiperlukanuntukmelaksanakansemuakegiatanpenelitianpengembangan(3)pengembanganprodukawalyangmeliputipenyusunanprodukawal.Desainvalidasipadapengembanganmodulinihanyasampaipadavalidasiisisaja.Datadiperolehdari5validatoryangterdiridari2dosenkimiadan3guruSMP/MTs.Instrumenpengumpulandatavalidasipadapenelitianiniadalahangket/kuesionerdenganskalaLikertdanlembarsaran.Datayangdiperolehberupapenilaiandantanggapandarivalidatoryangdigunakanuntukmenentukankelayakan(validitas)modulyangdikembangkan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisnilairata-rata.HasilpenelitianpengembanganiniadalahmodulpembelajarankimiaberbasiskontekstualdenganstrategiREACTpadamateriBahanKimiadiRumah.Moduliniterdiridari4kegiatanbelajaryaitu(1)bahanpembersih(2)bahanpemutih(3)bahanpewangi(4)bahanpembasmiserangga.Hasilvalidasimodulpembelajaraninimencapaitingkatvalidasi8546%yangberartibahwamodulyangdikembangkanlayakdigunakansebagaibagianperangkatpembelajaranuntukmengajarkanBahanKimiadiRumahuntuksiswaSMP/MTskelasVIII.Walaupundemikianefektivitaspenggunaanmodulinimasihperluditelitilebihlanjutmelaluikegiatanimplementasidikelas.