Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2008/2009 pokok bahasan bahan kimia Rumah Tangga / Fadhilla Widyarti Suprapto

Main Author: Suprapto, Fadhilla Widyarti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21693/
Daftar Isi:
  • Konstrustivistikdalampembelajarankimiamerupakanlandasanberpikirpembelajarandenganmetodeinkuiriterbimbing.Denganinkuiriterbimbingpengetahuanterbangunkarenasiswamenemukansendiriapayangmerekapelajari.Semuayangdidapatkansiswadalampenemuantersebutmerupakanhasilbelajaryangberwujudperubahantingkahlakusiswadalampengetahuan.Perubahaninijugadipengaruhiolehpeningkatankemampuanberpikirkritissiswaterhadapfaktayangmerekatemukandalampembelajaran.Berdasarkanuraiantersebutmakapenelitianinibertujuanuntuk1)Mengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadapkemampuanberpikirkritissiswa2)Apakahdenganpenerapanmodelpembelajaraninidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaserta3)Mengetahuipersepsisiswaterhadappenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianinimenggunakanrancanganekperimensemudandeskriptif.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVIII.SampeldidapatkandenganteknikClusterRandomSamplinghinggadidapatkanbahwakelasVIII-DsebagaikelaseksperimendankelasVIII-Esebagaikelaskontrol.InstrumenyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupaRPPdaninstrumenpengukuranberupaLKSlembarobservasiangketdansoalhasilbelajarsertahasilrangkuman.Datahasilbelajardianalisisdenganmenggunakanujit.Hasilpenelitianiniadalah1)Adanyaperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganhasilbelajarsiswakelaskonvensionaldengannilairata-rata8121untukkelaseksperimendan7746untukkelaskontroldengantarafsignifikansi005.Halinididasaridarihasilujihipotesisyangmenunjukkanbahwathitungttabel(22041992).Penerapanpembelajaraninijugaberpengaruh2)Padakemampuanberpikirkritissiswayangmengalamipeningkatansebesar3279%padakelaseksperimensedangpadakontrolhanya2674%.3)Siswamemberikanpersepsipositifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganrata-rata764%.