Pengaruh penerapan model pembelajaran STAD (students team achievement division) - problem posing (PP) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna di SMA Negeri 2 Malang / Ummi Khoiriyah
Main Author: | Khoiriyah, Ummi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21692/ |
Daftar Isi:
- Kimiadianggapsebagaimatapelajaranyangsulitdanmenakutkanbagisebagianbesarsiswasehinggamerekaengganuntukmempelajarinyadampaknyaprestasibelajarmerekakurangmaksimal.Strategipembelajaranyangmembuatsiswabisadengansantaidanmudahdalammemahamimateripelajaranmerupakansalahsatualternatifmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Penelitianinibertujuan1)UntukmengetahuiapakahpenerapanstrategipembelajaranSTADProblemPosingmampumeningkatkanprestasibelajarsiswapadapokokbahasanalkanaalkenadanalkunaterhadapsiswakelasXSMAN2Malang2)UntukmengetahuibagaimanapengaruhperpaduanSTADProblemPosingterhadapkeaktifansiswaselamaprosespembelajarandibandingdenganpembelajaranSTADdanPPsajapadapokokbahasanalkanaalkenaalkunaterhadapsiswakelasXSMAN2Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu.DatapeningkatanprestasibelajarsiswadalammengaplikasikanmodelpembelajaranSTADProblemPosingdikumpulkanberdasarkanhasiltessiswa(kuisdantesakhir)keaktifansiswadankemampuansiswamembuatsoalyangbaik.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMAN2Malangdansampelnyaadalah3kelasyangdiambilberdasarkankemampuanawalyangsama.1kelassebagaikelaseksperimendan2kelassebagaikelaskontrol.Sebelumdiadakantesakhirterlebihdahulusoaldikonsultasikankedosenpembimbingdandivalidasiisiolehduadosenkimiadansatugurubidangstudikimia.Kemudiandiadakanujicobasoaldanhasilnyaadalah30soalvaliddari40soalyangdiujikan.Darihasilvalidasiisidanujicobasoaldapatdipastikanbahwasoaltersebutlayakdigunakanuntukmengukurprestasibelajarsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)ModelpembelajaranSTADProblemPosingmampumeningkatkanprestasibelajarsiswayangditunjukkanolehnilairataratakelasyangdiajardenganmodelpembelajaranSTADProblemPosingadalah82kelasSTADadalah75dankelasPPadalah782)DipadukkannyaPPdenganSTADmampumemberipengaruhyangbaikterhadapkeaktifansiswaselamaprosespembelajaranyaitusiswalebihpercayadiridalammenyampaikanpendapatsiswamemperolehkesempatanyangsamadanpemahamansiswalebihmantappadamateripelajaranyangdiajarkan3)STADmemilikipengaruhterhadapPPdalamhalmembentuksiswayangmampumenyelesaikansegalasesuatusecaraberkelompokataudiskusidanuntuklebihmembentuksiswayangtidakbersikapegoisterhadaptemanlainnya.PeningkatankeaktifansiswaselamaprosespembelajaranditunjukkanolehnilairataratasiswakelasSTADadalah79kelasSTADPPadalah88dankelasPPadalah79.