Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 1 pada materi pokok sifat koligatif larutan / Devy Setyarisa

Main Author: Setyarisa, Devy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/21687/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyarisaDevy.2009.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaBerbasisKonstruktivistikdanKontekstualuntukSMA/MAKelasXIISemesterIpadaMateriPokokSifatKoligatifLarutan.ProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriRahayuM.Ed.(2)Drs.PrayitnoM.Pd.KataKuncipengembanganperangkatpembelajarankonstruktivistikkontekstualkoligatiflarutan.Sumberdayamanusiamerupakansalahsatukomponenyangberperanpentingdalamperkembangansuatunegara.OlehkarenaitudiperlukanupayauntukmeningkatkankualitasSDM.SalahsatuaspekterpentingdalammeningkatkankualitasSDMadalahpendidikan.Berbagaiupayatelahdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitaspendidikansalahsatunyamelaluiperbaikankurikulum.Padatahun2006telahdiberlakukanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalamKTSPpembelajaranbersifatstudentcenteredartinyasiswadituntutaktifdalamprosespembelajarandanmampumengkonstrukpengetahuannyasendiri.SelainituKTSPjugamenyarankanpembelajaranyangbersifatkontekstual.Diharapkanprosespembelajaraninidapatdilaksanakangurudalammenyampaikanpelajarantermasukdalampelajarankimia.Kimiamerupakansalahsatupelajaranyangdianggapsulitolehsiswa.Halinidisebabkankarenaprosespembelajarandikelasyangkurangmenarik.Olehkarenaitudiperlukansuatuprosespembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandandapatmendorongsiswauntukmengaitkanmateridenganpenerapannyadalamkehidupansehari-hari.Salahsatupembelajaranyangsesuaiadalahpembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstual.SalahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmenerapkanpembelajarankontekstualtersebutadalahstrategiREACTyaituRelatingExperiencingApplyingCooperatingdanTransferingyangpelaksanaannyadiintegrasikankedalammodelpembelajaranterpaduLCC-5E.Agargurudapatmelaksanakanprosespembelajarandenganbaikmakadiperlukansuatuperangkatpembelajaranyanglebihoperasional.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkansebuahprodukyangberupaperangkatpembelajarankimiayangberbasiskonstruktivistikdankontekstual.PengembanganperangkatpembelajaraninidilakukanmengikutimodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Adapunlangkah-langkahnyasebagaiberiku(1)mengidentifikasitujuanpembelajaranumum(2)melakukananalisismateripembelajaran(3)mengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswa(4)menuliskanpengalamanbelajar(5)mengembangkanitemtesberbasiskriteria(6)pemilihanstrategipembelajaran(7)mengembangkandanmemilihperangkatpembelajaran(8)melaksanakanevaluasiformatif(validasi)(9)melakukanrevisidan(10)memproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasiyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagian.Bagianpertamamerupakanpanduanguru(TeachersGuide)yangberisisilabusdansistempenilaianrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)intrumenpenilaiandanbukuguru.Bagiankeduaadalahbukusiswa(StudentsBook)yangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8465%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.Namununtukmengetahuiefektifitasperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkanperludilakukanujilapangan.