Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 1 pada materi pokok sifat koligatif larutan / Devy Setyarisa
Main Author: | Setyarisa, Devy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21687/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyarisaDevy.2009.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaBerbasisKonstruktivistikdanKontekstualuntukSMA/MAKelasXIISemesterIpadaMateriPokokSifatKoligatifLarutan.ProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriRahayuM.Ed.(2)Drs.PrayitnoM.Pd.KataKuncipengembanganperangkatpembelajarankonstruktivistikkontekstualkoligatiflarutan.Sumberdayamanusiamerupakansalahsatukomponenyangberperanpentingdalamperkembangansuatunegara.OlehkarenaitudiperlukanupayauntukmeningkatkankualitasSDM.SalahsatuaspekterpentingdalammeningkatkankualitasSDMadalahpendidikan.Berbagaiupayatelahdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitaspendidikansalahsatunyamelaluiperbaikankurikulum.Padatahun2006telahdiberlakukanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalamKTSPpembelajaranbersifatstudentcenteredartinyasiswadituntutaktifdalamprosespembelajarandanmampumengkonstrukpengetahuannyasendiri.SelainituKTSPjugamenyarankanpembelajaranyangbersifatkontekstual.Diharapkanprosespembelajaraninidapatdilaksanakangurudalammenyampaikanpelajarantermasukdalampelajarankimia.Kimiamerupakansalahsatupelajaranyangdianggapsulitolehsiswa.Halinidisebabkankarenaprosespembelajarandikelasyangkurangmenarik.Olehkarenaitudiperlukansuatuprosespembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandandapatmendorongsiswauntukmengaitkanmateridenganpenerapannyadalamkehidupansehari-hari.Salahsatupembelajaranyangsesuaiadalahpembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstual.SalahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmenerapkanpembelajarankontekstualtersebutadalahstrategiREACTyaituRelatingExperiencingApplyingCooperatingdanTransferingyangpelaksanaannyadiintegrasikankedalammodelpembelajaranterpaduLCC-5E.Agargurudapatmelaksanakanprosespembelajarandenganbaikmakadiperlukansuatuperangkatpembelajaranyanglebihoperasional.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkansebuahprodukyangberupaperangkatpembelajarankimiayangberbasiskonstruktivistikdankontekstual.PengembanganperangkatpembelajaraninidilakukanmengikutimodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Adapunlangkah-langkahnyasebagaiberiku(1)mengidentifikasitujuanpembelajaranumum(2)melakukananalisismateripembelajaran(3)mengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswa(4)menuliskanpengalamanbelajar(5)mengembangkanitemtesberbasiskriteria(6)pemilihanstrategipembelajaran(7)mengembangkandanmemilihperangkatpembelajaran(8)melaksanakanevaluasiformatif(validasi)(9)melakukanrevisidan(10)memproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasiyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagian.Bagianpertamamerupakanpanduanguru(TeachersGuide)yangberisisilabusdansistempenilaianrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)intrumenpenilaiandanbukuguru.Bagiankeduaadalahbukusiswa(StudentsBook)yangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8465%dengankriteriavalid/baik/layak.Olehkarenaituperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.Namununtukmengetahuiefektifitasperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkanperludilakukanujilapangan.