Pengembangan paket pelatihan menulis ekspresif sebagai media katarsis kecemasan siswa introvert di SMA / Hikmah Ilmiyana

Main Author: Ilmiyana, Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/2168/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIlmiyanaHikmah.2015PengembanganPaketPelatihanMenulisEkspresifSebagaiMediaKatarsisKecemasanSiswaIntrovertDiSMA.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AdiAtmokoM.Si.(II)Drs.DjokoBudiSantosoM.Pd.KatakunciPaketPelatihanMenulisEkspresifKatarsisKecemasanIntrovertBerdasarkanhasilsurveyawallapangandiSMAN1Pasuruandiketahuibeberapasiswamemilikitingkatkecemasantinggidancenderungbersikapintroverthubungansiswadengankonselorsekolahjugakurangbaik.FenomenayangsamaditemukandiSMABrawijayaSmartSchool.KemudiandilakukanpengukurantingkatkecemasandankecenderungansikapintrovertterhadapsiswakelasXIsecaraacakkepada70siswadiSMAN1Pasuruan.Pengukurandilakukandenganmenggunakanangketskalakecemasandanangketskalaintrovertdaripengukurantersebutterbuktibeberapasiswamemilikitingkatkecemasantinggidancenderungintrovert.Daribeberapapenelitiansebelumnyatelahterbuktibahwasannyamenulisekpresifdapatmengurangitingkatkecemasanseseorangmenulisekspresifmerupakansalahsatubentukterapimenulissebagaiupayapemindahanperasaanatauemosidalambentuktulisanbebastanpaaturan.Berkaitandenganitumakadiperlukansebuahmediauntukmengurangitingkatkecemsansiswasalahsatunyadenganpaketpelatihanmenulisekspresif.Penelitianbertujuanuntukmengembangkanprodukpaketpelatihanmenulisekspresifyangberterimasecarateoridanpraktis.ModelpenelitianyangdigunakanmengadaptasidariBorgandGall.Langkah-langkahnyayaitu1)Melakukanpenelitianpendahuluan2)Melakukanperencanaan3)Mengembangkanprototypeprodukawal4)Melakukanujicobalapangantahapawal5)Melakukanrevisiterhadapproduk6)Melakukanujicobakelompokkecil7)Melakukanrevisiterhadapprodukoperasional8)Melakukanujilapanganoperasional9)Melakukanrevisiterhadapprodukakhir10)MenyusunprodukakhirpaketpelatihanmenulisekspresifsebagaimediakatarsiskecemasansiswaintrovertdiSMA.ProdukyangdihasilkantersebuttelahmelaluiujiahlimateriBKujiahlimediaujiahlibahasadanujicalonpenggunaproduk.Hasilpenilaianahlidancalontersebutmenyatakanproduksudahmemenuhikriteriakelayakanketepatankegunaankemenarikandankemudahan.Teknikanalisisdatapadapenelitianinimenggunakanstatistikdeskriptif..SelanjutnyaujiefektifitasprodukmelaluiujilapangandenganmenggunakanOneGroupPretest-PosttestDesign.HasilpretestdanposttestdianalisisdenganmenggunakanujiWilcoxondanhasilnyaanalisisskalakecemasandapatdiketahuinilaiZhitunglebihlebihkecildaripadaZtabel(-2533