Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas X pada materi pokok senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dan kelas XI pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan / Yunita Sari
Main Author: | Sari, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21659/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariYunita.PengembanganPerangkatPembelajaranKimiaBerbasisKonstruktivistikdanKontekstualuntukSMA/MAKelasXpadaMateriPokokSenyawaHidrokarbondalamKehidupanSehari-haridanKelasXIpadaMateriPokokKelarutandanHasilKaliKelarutan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriRahayuM.Ed.(II)Drs.PrayitnoM.Pd.Kata-kataKuncipengembanganperangkatpembelajarankonstruktivistikkontekstualsenyawahidrokarbonkelarutandanhasilkalikelarutan.Percepatanarusinformasidalameraglobalisasidewasainimenuntutsemuabidangkehidupanuntukmenyesuaikanvisimisitujuandanstrateginyaterutamadalamsistempendidikan.Salahsatukomponenpentingdarisistempendidikaniniadalahkurikulum.SebagaiperwujudannyasaatinimulaiditerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).MelaluiKurikulum2006(KTSP)dilakukanpenyempurnaankurikulumpadatingkatsatuanpendidikantermasukpadapelajarankimiasebagaicabangdarisains.Sebagianbesardarikonsepkimiamerupakankonsepyangbersifatabstraksehinggasiswacenderungmengalamikesulitandalammemahamidanmengkonstruksistrukturpengetahuandengantepat.Olehkarenaitudiperlukansuatustrategi/pendekatan/metodepembelajaranyangmampumengaitkanantaramateripelajarandengansituasidunianyatasiswaagardapatmemberikankemudahanbagisiswadalammembangunpengetahuanmerekasendiri.Salahsatusolusinyamelaluipembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstualyangbertujuanagarsiswadapatmembangunkonsepsendiridanmenghubungkanpengetahuannyatersebutdengankehidupannyatayangmerekaalami.Agardapatdiimplementasikandikelasmakadiperlukanperangkatpembelajaranyanglebihoperasional.HalinidimaksudkanuntukmembantugurudalammelaksanakanprosespembelajarandenganbaikkhususnyauntukmengoptimalkanpelaksanaanKTSP.TujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkansebuahprodukyangberupaperangkatpembelajarankimiaberbasiskonstruktivistikdankontekstualsertamengetahuikesesuaianataukelayakanperangkatpembelajarantersebutuntukdigunakandalampembelajarankimiakhususnyaSMA/MAKelasXSemester2danKelasXISemester2.Hasilpengembanganperangkatpembelajaranterdiriatasduabagianbagianpertamamerupakanpanduanguru(teachersguide)yangberisisilabusdansistempenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)instrumenpenilaiandanbukuguru.Sedangkanbagiankeduaadalahbukusiswayangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.MetodologiyangdigunakandalampenelitianinidiawalidegansurvaikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaranberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Langkahselanjutnyadilakukanvalidasi.Langkah-langkahpengembanganmenurutDickdanCareyyaitumengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananalisismateripelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalamanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriapemilihanstrategipembelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmelaksanakanevaluasiformatif(validasi)melakukanrevisidanmemproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Berdasarkanhasilvalidasidariempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8636%dengankriteriavalid/baik/layak.Dengandemikianperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdigunakandalamprosespembelajaran.Berdasarkananalisisketerbatasanpengembanganperangkatpembelajaranmakasaranyangperludiperhatikanyaitupengembanganperangkatpembelajarandapatdilakukanpadajenjangpendidikandanpokokbahasanlaindanperludiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolahuntukmengetahuikeefektifannyadalampembelajaran.