Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna terhadap prestasi dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement

Main Author: Sari, Suci Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/21651/
Daftar Isi:
  • HasilvalidasipengembanganmediapembelajaranKimiaOrganikSMAolehAhmadMutamakin(2008)menunjukkanpresentasesebesar83%dengankriterialayaksebagaisebuahmediapembelajaran.Mediapembelajarandilanjutkandenganpenerapanpenggunaanmediadikelasuntukmengetahuiprestasidanminatbelajarsiswa.BentukinteraksipembelajarankooperatifStudentTeamAchievementDivision(STAD)dapatdigunakansebagaimetodeuntukmencapaitujuanpembelajarankarenadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemu(QuasyExperimentalDesign).Termasukjenissampelpurposivekarenateknikpenentuansampeldenganpertimbangantertentu.DitentukankelaseksperimenX-1sebagaikelastinggikelaseksperimenX-6sebagaikelasrendahdankelaskontrolX-3diSMANegeri1Kediri.Instrumenpenelitianuntukmengukurprestasibelajarberupasoalpretes-postessoaldiskusidansoaltesakhirdianalisismenggunakanprogramMinitab12forwindows.UntukmengukurminatsiswamenggunakanmetodeangketdenganmenggunakanskalaLikertpengolahandatanyamenggunakanujiparametrik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelSTADdenganpenerapanmediapembelajaranberbasiskomputerdapatmeningkatkanprestasidanminatbelajarsiswaSMANegeri1Kediri.Hasiluji-tkelaseksperimenmenunjukkannilaisignifikansi(945)000065002500makaH1diterima(adapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiskomputerterhadapprestasibelajarsiswa).UntukUjitkelaskontrolmenunjukkannilaisignifikansi(945)003650002500makaH0diterima(tidakadapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiskomputerterhadapprestasibelajarsiswa).Hasiluji-tkelaseksperimentinggimenunjukkannilaisignifikansi(945)009000002500makaH0diterima(tidakadapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiskomputerterhadapprestasibelajarsiswa).UntukUjitkelaseksperimenrendahmenunjukkannilaisignifikansi000000002500makaH1diterima(adapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiskomputerterhadapprestasibelajarsiswa).Minatbelajarsiswapadasubpokokbahasanalkanaalkenadanalkunamempengaruhiprestasibelajaryangterlihatadanyaperbedaankenaikannilairata-ratakemampuanawaldankemampuanakhir.