Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur dan senyawaan dalam kehidupan serta unsur radioaktif / Nurin Fitriana
Main Author: | Fitriana, Nurin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21649/ |
Daftar Isi:
- Pendidikanadalahfaktorpentinguntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia.Banyakupayayangdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitaspendidikansalahsatuupayatersebutyaitumelaluipenyempurnaankurikulumsekolah.Berdasarkanpengalaman-pengalamankurikulumsebelumnyaakhirnyapadatahun2006dibentukdandiberlakukannyaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Dengankurikuluminitiapsatuanpendidikansepertipadasekolahmelakukanpenyempurnaankurikulumtermasukpadamatapelajarankimia.Dalamkimiabanyakditemuikonseppelajaranyangbersifatabstrakhalinimenyebabkansiswacenderungmengalamikesulitanuntukmengkonstruksipemahamansecaratepat.Dengandemikiandiperlukansuatupembelajaranyangmampumengaitkanmateripelajarandengansituasidunianyatasiswaagarbelajarlebihbermaknadanagarsiswamampumembuatpemahamanataupengetahuanawaldengancaramenemukankonsepsendiri.Salahsatustrategipembelajaranyangdapatdiimplementasikanyaitupembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstual.Melaluipembelajaranberbasiskonstruktivistiksiswadapatmembangunpengetahuansendiriberdasarkanpengalamandalamkehidupansehari-hari.SalahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmenerapkanpembelajarankontekstualtersebutadalahstrategiREACTyaituRelatingExperiencingApplyingCooperatingdanTransferingyangdituangkandalamkomponen/unsurdalambahanajar/bukusiswa.Berdasarkanbasispembelajarantersebutmakadiperlukansuatuperangkatpembelajaranyanglebihbermaknadanoperasional.Halinidimaksudkanuntukmembantugurudalammelaksanakanprosespembelajarandenganbaik.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkansebuahprodukyangberupaperangkatpembelajarankimiaberbasiskonstruktivistikdankontekstual.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagianbagianpertamamerupakanpanduanguru(TeachersGuide)yangberisisilabusdansistempenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)instrumenpenelitiandanbukuguru.Sedangkanbagiankeduaadalahbukusiswayangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Metodologiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsurveikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaran.LangkahselanjutnyadilakukanvalidasisedangkanpengembanganproduknyaberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Langkah-langkahmodelpengembanganDickdanCareyyaitumengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananlisismateripembelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalamanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriapemilihanstrategipemebelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmelaksanakanevaluasiformatif(validasi)melakukanrevisidanmemproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8638%dengankriteriavalid/baik/layak.Dengandemikianperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.