Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur dan senyawaan dalam kehidupan serta unsur radioaktif / Nurin Fitriana

Main Author: Fitriana, Nurin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/21649/
Daftar Isi:
  • Pendidikanadalahfaktorpentinguntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia.Banyakupayayangdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitaspendidikansalahsatuupayatersebutyaitumelaluipenyempurnaankurikulumsekolah.Berdasarkanpengalaman-pengalamankurikulumsebelumnyaakhirnyapadatahun2006dibentukdandiberlakukannyaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Dengankurikuluminitiapsatuanpendidikansepertipadasekolahmelakukanpenyempurnaankurikulumtermasukpadamatapelajarankimia.Dalamkimiabanyakditemuikonseppelajaranyangbersifatabstrakhalinimenyebabkansiswacenderungmengalamikesulitanuntukmengkonstruksipemahamansecaratepat.Dengandemikiandiperlukansuatupembelajaranyangmampumengaitkanmateripelajarandengansituasidunianyatasiswaagarbelajarlebihbermaknadanagarsiswamampumembuatpemahamanataupengetahuanawaldengancaramenemukankonsepsendiri.Salahsatustrategipembelajaranyangdapatdiimplementasikanyaitupembelajaranberbasiskonstruktivistikdankontekstual.Melaluipembelajaranberbasiskonstruktivistiksiswadapatmembangunpengetahuansendiriberdasarkanpengalamandalamkehidupansehari-hari.SalahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmenerapkanpembelajarankontekstualtersebutadalahstrategiREACTyaituRelatingExperiencingApplyingCooperatingdanTransferingyangdituangkandalamkomponen/unsurdalambahanajar/bukusiswa.Berdasarkanbasispembelajarantersebutmakadiperlukansuatuperangkatpembelajaranyanglebihbermaknadanoperasional.Halinidimaksudkanuntukmembantugurudalammelaksanakanprosespembelajarandenganbaik.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkansebuahprodukyangberupaperangkatpembelajarankimiaberbasiskonstruktivistikdankontekstual.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanterdiriatasduabagianbagianpertamamerupakanpanduanguru(TeachersGuide)yangberisisilabusdansistempenilaianRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)instrumenpenelitiandanbukuguru.Sedangkanbagiankeduaadalahbukusiswayangberisiuraianmateridanlembarkegiatansiswasebagaipanduandiskusiataukegiatanlaboratorium.Metodologiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsurveikondisilapangankemudiandilakukanpengembanganperangkatpembelajaran.LangkahselanjutnyadilakukanvalidasisedangkanpengembanganproduknyaberdasarkanmodelpengembangankonseptualyangdirekomendasikanolehDickdanCarey.Langkah-langkahmodelpengembanganDickdanCareyyaitumengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananlisismateripembelajaranmengidentifikasikemampuandankarakteristikawalsiswamenuliskanpengalamanbelajarmengembangkanitemtesberbasiskriteriapemilihanstrategipemebelajaranmengembangkandanmemilihperangkatpembelajaranmelaksanakanevaluasiformatif(validasi)melakukanrevisidanmemproduksiperangkatpembelajaran.Desainvalidasipenelitianyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahvalidasiformatifyangpelaksanaannyadievaluasiolehvalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Berdasarkanhasilvalidasidarikeempatvalidatordiperolehkesimpulanbahwaskorrata-ratayangdiperolehuntukperangkatpembelajaranyangdikembangkanyaitu8638%dengankriteriavalid/baik/layak.Dengandemikianperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahlayakuntukdiujicobakanataudilakukanvalidasiempirik(evaluasisumatif)disekolah.