Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang pada materi zat aditif makanan / Nur Kholilah

Main Author: Kholilah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21647/
Daftar Isi:
  • Perubahanmendasarkurikulum2004(KBK)menjadikurikulum2006(KTSP)adalahadanyamaterikimiadiSMP.KimiadiSMPmerupakanmatapelajaranyangbaru.PenelitianinimengkajipenerapanmodelLearningCycle5fasedalampembelajaranmaterizataditifmakanan.PenerapanmodelLearningCycle5fasedidugadapatmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahUntukmengetahuikualitasprosesdanhasilbelajarsiswakelasVIIIyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fasedibandingkansiswayangdiajardenganmenggunakanmetodekonvensionalpadamaterizataditifmakanansertamengetahuipersepsisiswakelasVIIIterhadapmaterizataditifmakanandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fase.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalaheksperimentalsemu.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri13MalangdenganpopulasisiswakelasVIIIpadasemester2tahunajaran2007/2008.SampeldiambilduakelassecaraacakdariduakelastersebutdidapatkelasVIIIGsebagaikelompokeksperimendankelasVIIIHsebagaikelompokkontrol.DalampenelitianiniinstrumenyangdigunakanadalahsilabusRPPteslembarobservasidanangket.Untukinstrumentesdigunakantespilihangandadenganjumlahsoal30dan4alternatifjawaban.Soalsebelumdiujicobakantelahdivalidasidengantingkatkevalidan0354-0752koefisienreliabilitas0875.UntukmengetahuikualitasprosesindikatornyaantaralainkeaktifanbertanyasiswakeaktifanmeresponpertanyaanketepatandalammengumpulkanLKSdanketepatanjawabanLKS.SedangkanpersepsisiswaaspeknyameliputikesansiswaterhadapmatapelajarankimiatindakandalamPBMkesansiswaterhadapmodelpembelajaranLearningCycle5fase.Datayangdidapatdianalisissecaradeskripifsedangkandatahasilbelajardianalisissecarakuantitatifdenganteknikanalisisuji-t.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakualitasprosesselamapembelajarandilihatberdasarkanpersentasekriteriayangdiperolehuntukkelompokeksperimennilaibaiksekali6842%nilaibaik2632%nilaicukup526%dannilaikurang000%.Sedangkankelompokkontroldiperolehpersentasekriteriauntuknilaibaiksekali2564%nilaibaik5897%nilaicukup1539%dannilaikurang000%daridatatersebutdapatdisimpulkankualitasproseskelompokeksperimenlebihbaikdaripadakelompokkontrol.NilaihasilbelajarsiswakelompokeksperimenyangdiajardenganmenggunakanmodelLearningCycle5faselebihbaikdengannilairata-rata7550danstandardeviasi515daripadakelompokkontrolyangdiajardenganmetodekonvensionaldengannilairata-rata6831danstandardeviasi923.PersepsisiswaterhadapmatapelajarankimiadanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5fasemenunjukkanhasilyangbaikyaitudenganpersentase556%persepsisangatpositif7778%persepsipositif1667%persepsinegatifdan000%persepsisangatnegatif.