Pengembangan modul pembelajaran IPA Kimia untuk siswa SMP/MTs kelas VIII dengan model learning cycle 5 fase pada materi pokokk zat aditif makanan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Ike Pratiwi Mandasari
Main Author: | Mandasari, Ike Pratiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21645/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiMIke.2008.PengembanganModulPembelajaranIPAKimiauntukSiswaSMP/MTsKelasVIIIdenganModelLearningCycle5FasepadaMateriPokokZatAditifMakananBerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan.SkripsiJurusanKimiaProgramStudiPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.FauziatulFajarohM.S.(II)Dra.NazriatiM.Si.KataKuncimodulpembelajaranzataditifmakananLearningCycle5faseKTSP.Perkembanganzamanmenuntutpeningkatanmutupendidikan.Salahsatuupayayangdilakukanpemerintahagarpesertadidikmemilikikompetensidankualitasyangtinggidanmampubersaingdieraglobalisasiadalahmelakukanpenyempurnaandanperbaikanyaitukurikulum.KurikulumyangdipakaisekarangadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Kurikuluminijugamenekankanpenggunaanpendekatanpembelajarankontruktivistik.SalahsatumodelpembelajarankonstruktivistikadalahLearningCycle5fase.PadapenelitianinidikembangkanmodulpembelajaranuntukmateripokokZatAditifMakananuntuksiswaSMP/MTskelasVIIIdenganmodelLearningCycle5fase.Tujuandaripenelitianiniadalah1)MenghasilkanprodukyangberupamodulpembelajaranIPAKimiauntukSiswaSMP/MTskelasVIIImodelLearningCycle5fasepadamateripokokZatAditifMakananberdasarkanKTSP2)Mengetahuivaliditasdarimodulpembelajaranyangtelahdikembangkan.PengembanganmodulinimengadaptasimodelpengembangandariThiagarajandkk.yaitudefine(mengkajikurikulumdanmenganalisiskebutuhansiswa)design(perumusanindikatormengkajidanmenyusunmoduldenganmodelpembelajaranyangsesuaisertapenelaanolehpembimbing)dandevelop(revisi1daripembimbingmelakukanvalidasimenganalisisdatarevisi2danmemproduksimodul).Subyekvalidasi(validator)adalahdosenjurusankimiadanguruIPAkimiaSMP/MTsdiMalang.Instrumenpengumpulandataberupaangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahnilairata-ratadanperhitunganpersentase.Hasilpengembangandaripenelitianiniadalah(1)Gambaranmodulyangdikembangkaniniterdiridaribeberapakomponenyaituhalamandepan(cover)katapengantarpetunjukpenggunaanmoduldaftarisidaftartabeldaftargambarkegiatanbelajarsiswa(kegiatanbelajar1sampai3)yangberisikompetensidasarindikatorpencapaianhasilbelajarmateripokoktahapan-tahapanLearningCycle5fasekuncijawabanumpanbalikdandaftarpustaka.SelainituhasilvalidasimenunjukkanbahwabentukmodulyangdikembangkansudahsesuaidenganmodelLearningCycle5faseberdasarkanKTSPdengannilairata-ratauntukpenilaiantiapfase-fasenyasebesar31danpersentasesebesar767%yangmenunjukkankriteriacukupvalid(2)Hasilvalidasisecarakeseluruhanmenunjukkannilairata-ratasebesar37danpersentasesebesar912%dengankriteriavalidhaltersebutmenunjukkanbahwamodulZatAditifMakananyangdikembangkansudahlayakuntukdilanjutkanketahapujicobalapanganyangselanjutnyadapatdigunakansebagaisalahsatualternatifbahanajardiSMP/MTs.