Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) / Elly Indarti

Main Author: Indarti, Elly
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/21641/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIndartiElly.2008.IdentifikasiKesulitanBelajarSiswaKelasXIIPASemesterIISMANegeri5MalangdalamMemahamiMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan(Ksp).SkripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DermawanAffandyM.Pd(II)Drs.Supardjito.KatakuncikesulitanbelajarKelarutandanHasilKaliKelarutan.BerdasarkanStandarKompetensiLulusan(SKL)salahsatutujuanpengajarankimiaadalahagarsiswamenguasaikonsep-konsepkimiadansalingketerkaitannyasertapenerapannyabaikdalamkehidupansehari-harimaupundalamteknologi.Tujuaninidapatdicapaiapabilasiswadapatmemahamikonsepdenganbenar.DalammempelajarimateriKelarutandanHasilKaliKelarutandiperlukanpemahamandanpenguasaankonsepdenganbenarkemampuanberpikirabstrakdankemampuandalammengoperasikanperhitunganmatematika.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipersentasesiswayangmengalamikesulitandalam(1)memahamidanmenentukanKelarutan(2)menentukanRumusanHasilKaliKelarutan(3)memahamidanmenentukanHasilKaliKelarutan(4)memahamiPengaruhPenambahanIonSenamadanmenentukanKelarutanZatdalamLarutanyangMengandungIonSenamaserta(5)meramalkanReaksiPengendapanberdasarkanHasilKaliKelarutan.PenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpopulasiseluruhsiswakelasXIIPASMANegeri5Malangpadatahunajaran2007/2008yangterdiridarikelasXIIPA1XIIPA2XIIPA3XIIPA4danXIIPA5.SampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahkelasXIIPA1danXIIPA4yangberjumlah71siswa.Sampeldiambilsecaraundiandenganteknikrandomsederhanadaripopulasiyangada.Datapenelitianinidiperolehdarihasilujicobainstrumendandidapatkan12butirsoaltidakvalid15butirsoalvalid.Untuktingkatkesukarandiperoleh17soalmemilikitingkatkesukaranmudah8soaltergolongsedang2soaltergolongsukar.Sedangkandayabedatiapbutirsoaladalah11soalmemilikidayabedajelek10soaldengandayabedacukupdan6soaldengandayabedabaik.Hargareliabilitasteshasilujicobainstrumenadalah072untukkelasXIIPA2(kelasujicoba1)dan064untukkelasXIIPA5(kelasujicoba2).Selanjutnyadatadianalisisdenganmenghitungpersentasekesulitantiaprumusanmasalah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasesiswakelasXIIPASMANegeri5Malangyangmengalamikesulitanadalah(1)4108%siswamengalamikesulitandalammemahamidanmenentukanKelarutan(2)1127%siswamengalamikesulitandalammenentukanRumusanHasilKaliKelarutan(3)3838%siswamengalamikesulitandalammemahamidanmenentukanHasilKaliKelarutan(4)6479%siswamengalamikesulitandalammemahamiPengaruhPenambahanIonSenamadanmenentukanKelarutanZatdalamLarutanyangMengandungIonSenamadan(5)3380%siswamengalamikesulitandalammeramalkanreaksipengendapanberdasarkanHasilKaliKelarutan.