Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) / Elly Indarti
Main Author: | Indarti, Elly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21641/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIndartiElly.2008.IdentifikasiKesulitanBelajarSiswaKelasXIIPASemesterIISMANegeri5MalangdalamMemahamiMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan(Ksp).SkripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DermawanAffandyM.Pd(II)Drs.Supardjito.KatakuncikesulitanbelajarKelarutandanHasilKaliKelarutan.BerdasarkanStandarKompetensiLulusan(SKL)salahsatutujuanpengajarankimiaadalahagarsiswamenguasaikonsep-konsepkimiadansalingketerkaitannyasertapenerapannyabaikdalamkehidupansehari-harimaupundalamteknologi.Tujuaninidapatdicapaiapabilasiswadapatmemahamikonsepdenganbenar.DalammempelajarimateriKelarutandanHasilKaliKelarutandiperlukanpemahamandanpenguasaankonsepdenganbenarkemampuanberpikirabstrakdankemampuandalammengoperasikanperhitunganmatematika.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipersentasesiswayangmengalamikesulitandalam(1)memahamidanmenentukanKelarutan(2)menentukanRumusanHasilKaliKelarutan(3)memahamidanmenentukanHasilKaliKelarutan(4)memahamiPengaruhPenambahanIonSenamadanmenentukanKelarutanZatdalamLarutanyangMengandungIonSenamaserta(5)meramalkanReaksiPengendapanberdasarkanHasilKaliKelarutan.PenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpopulasiseluruhsiswakelasXIIPASMANegeri5Malangpadatahunajaran2007/2008yangterdiridarikelasXIIPA1XIIPA2XIIPA3XIIPA4danXIIPA5.SampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahkelasXIIPA1danXIIPA4yangberjumlah71siswa.Sampeldiambilsecaraundiandenganteknikrandomsederhanadaripopulasiyangada.Datapenelitianinidiperolehdarihasilujicobainstrumendandidapatkan12butirsoaltidakvalid15butirsoalvalid.Untuktingkatkesukarandiperoleh17soalmemilikitingkatkesukaranmudah8soaltergolongsedang2soaltergolongsukar.Sedangkandayabedatiapbutirsoaladalah11soalmemilikidayabedajelek10soaldengandayabedacukupdan6soaldengandayabedabaik.Hargareliabilitasteshasilujicobainstrumenadalah072untukkelasXIIPA2(kelasujicoba1)dan064untukkelasXIIPA5(kelasujicoba2).Selanjutnyadatadianalisisdenganmenghitungpersentasekesulitantiaprumusanmasalah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasesiswakelasXIIPASMANegeri5Malangyangmengalamikesulitanadalah(1)4108%siswamengalamikesulitandalammemahamidanmenentukanKelarutan(2)1127%siswamengalamikesulitandalammenentukanRumusanHasilKaliKelarutan(3)3838%siswamengalamikesulitandalammemahamidanmenentukanHasilKaliKelarutan(4)6479%siswamengalamikesulitandalammemahamiPengaruhPenambahanIonSenamadanmenentukanKelarutanZatdalamLarutanyangMengandungIonSenamadan(5)3380%siswamengalamikesulitandalammeramalkanreaksipengendapanberdasarkanHasilKaliKelarutan.