Pengembangan modul pemisahan campuran untuk SMP/MTs kelas VII semester 1 dengan model pembelajaran Learing Cycle 5 face berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Hidayatun Nikmah
Main Author: | Nikmah, Hidayatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21640/ |
Daftar Isi:
- KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumpenyempurnakurikulumsebelumnya.DiberlakukannyaKTSPmembawaperubahanterhadapkurikulummatapelajaransainsdiSMP/MTsyaituadanyamaterikimiadiSMP/MTs.KarenaselamainipelajarankimiahanyadiajarkanmulaijenjangpendidikanSMA.OlehkarenaituperludikembangkanbahanajarkimiauntukSMP/MTsyangsesuaidenganKTSP.BahanajarkimiauntukSMP/MTsharusberbasiskonstruktivistikkarenaKTSPmembawaperubahanpolabelajaryaitudaribehavioristikmenjadikonstruktivistik.Salahsatubentukbahanajaryangdapatdipelajarisiswasecaramandiriadalahmodul.SejauhinibelumadamodulpembelajarankimiauntukSMP/MTspadamateripokokpemisahancampurandenganmodelLC5faseyangmengacupadaKTSP.TujuanutamapenelitianpengembanganiniadalahmembuatmodulpembelajarandenganmenggunakanmodelbelajarLC5fasepadamateripokokpemisahancampuranuntuksiswaSMP/MTskelasVIIsemester1berdasarkanKTSP.Penelitianpengembanganinimerupakanpenelitianpengembanganproseduralyangmengacupada10langkahGalldanBorg.Langkah-langkahtersebutadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganmodul(3)pengembanganmodul(4)ujilapanganawal(5)merevisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanhasilujilapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Namunkarenaadanyaketerbatasanwaktudalampenelitianinilangkahyangdilakukanhanyasampaipadalangkahketiga.Validasiisidilakukanoleh1orangdosenkimiaUMdan2orangguruSMP/MTs.Instrumenpengumpulandataberupaangketdanteknikanalisisdatamenggunakananalisisrata-ratadanpersentase.Hasilpenelitianpengembanganiniadalah(1)modulpembelajaranyangterdiridaribeberapakomponenyaitucoverkatapengantarpetunjukpenggunaandaftarisidaftargambardaftartabelstandarkompetensikompetensidasarindikatorpencapaianhasilbelajarkegiatanbelajar(sifatfisikadansifatkimiadanpemisahancampuran)rangkumanumpanbalikkuncijawabandandaftarrujukan(2)hasilvalidasidalamskala1-4yangmenunjukkannilairata-rata34(854%)yangtermasukdalamkriteriavalid.Dengandemikianmodulpembelajaranyangdikembangkansudahlayakuntukdilakukanujilapanganawalataudilanjutkanketahapberikutnya.