Pengembangan modul pemisahan campuran untuk SMP/MTs kelas VII semester 1 dengan model pembelajaran Learing Cycle 5 face berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Hidayatun Nikmah

Main Author: Nikmah, Hidayatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21640/
Daftar Isi:
  • KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumpenyempurnakurikulumsebelumnya.DiberlakukannyaKTSPmembawaperubahanterhadapkurikulummatapelajaransainsdiSMP/MTsyaituadanyamaterikimiadiSMP/MTs.KarenaselamainipelajarankimiahanyadiajarkanmulaijenjangpendidikanSMA.OlehkarenaituperludikembangkanbahanajarkimiauntukSMP/MTsyangsesuaidenganKTSP.BahanajarkimiauntukSMP/MTsharusberbasiskonstruktivistikkarenaKTSPmembawaperubahanpolabelajaryaitudaribehavioristikmenjadikonstruktivistik.Salahsatubentukbahanajaryangdapatdipelajarisiswasecaramandiriadalahmodul.SejauhinibelumadamodulpembelajarankimiauntukSMP/MTspadamateripokokpemisahancampurandenganmodelLC5faseyangmengacupadaKTSP.TujuanutamapenelitianpengembanganiniadalahmembuatmodulpembelajarandenganmenggunakanmodelbelajarLC5fasepadamateripokokpemisahancampuranuntuksiswaSMP/MTskelasVIIsemester1berdasarkanKTSP.Penelitianpengembanganinimerupakanpenelitianpengembanganproseduralyangmengacupada10langkahGalldanBorg.Langkah-langkahtersebutadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganmodul(3)pengembanganmodul(4)ujilapanganawal(5)merevisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanhasilujilapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Namunkarenaadanyaketerbatasanwaktudalampenelitianinilangkahyangdilakukanhanyasampaipadalangkahketiga.Validasiisidilakukanoleh1orangdosenkimiaUMdan2orangguruSMP/MTs.Instrumenpengumpulandataberupaangketdanteknikanalisisdatamenggunakananalisisrata-ratadanpersentase.Hasilpenelitianpengembanganiniadalah(1)modulpembelajaranyangterdiridaribeberapakomponenyaitucoverkatapengantarpetunjukpenggunaandaftarisidaftargambardaftartabelstandarkompetensikompetensidasarindikatorpencapaianhasilbelajarkegiatanbelajar(sifatfisikadansifatkimiadanpemisahancampuran)rangkumanumpanbalikkuncijawabandandaftarrujukan(2)hasilvalidasidalamskala1-4yangmenunjukkannilairata-rata34(854%)yangtermasukdalamkriteriavalid.Dengandemikianmodulpembelajaranyangdikembangkansudahlayakuntukdilakukanujilapanganawalataudilanjutkanketahapberikutnya.