Identifikasi kesiapan guru IPA (sains) dalam melaksanakan pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2006 (kurikulum tingkat satuan pendidikan) di SMP Negeri Kabupaten Tulungagung) / Atin Prastiwi

Main Author: Prastiwi, Atin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21638/
Daftar Isi:
  • SalahsatulangkahPemerintahgunameningkatkankualitaspendidikanadalahmenyempurnakankurikulumdarikurikulum1994menjadikurikulum2004atauKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)danmulaitahun2006berubahlagimenjadiKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Perubahankurikulummenimbulkanbanyakpermasalahanantaralainbelumsiapnyagurudalammelaksanakanaturan-aturandalamkurikulumbaru.MaterikimiaterintegrasidalamkurikulumIPA(sains)sejaktahun2004ataumulaidiberlakukannyaKurikulumBerbasisKompetensi(KBK).SebagaipokokbahasanbarudiSMPpembelajarankimiadidugamenimbulkanbanyakkendaladiantaranyaadalahfasilitasyangbelummemadaibelumsiapnyagurukarenagurupengajarmaterikimiabukandaribidangnyakesulitansiswadalammemahamimateribarudanlain-lain.AdapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikesiapanguruIPA(sains)diSMPNegeriKabupatenTulungagungdalammelaksanakanpembelajarankimiaberdasarkankurikulum2006(KTSP)ditinjaudariberbagaifaktoryaituefektivitassosialisasikurikulum2006kondisigurupersiapankegiatanpembelajaranpelaksanaankegiatanpembelajaransaranadanprasaranayangtersediasertapersiapandanpelaksanaankegiatanevaluasihasilbelajar.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifyangdapatdiartikansebagaisuatuprosedurpemecahanmasalahdenganmenggunakanataumelukiskankeadaanobjekpenelitian(seseoranglembagamasyarakat)yangterjadipadasaatiniberdasarkanpadafakta-faktayangnampaksebagaimanaadanya.Penelitianinimenggunakaninstrumenpenelitianjenisangketataukuesionerdanuntukmendukungjawabangurudilakukanwawancarabebas.Lokasipenelitianinidibagimenjadi3wilayahyaituwilayahKabupatenTulungagungbagiantimurwilayahKabupatenTulungagungbagiantengahdanwilayahKabupatenTulungagungbagianbarat.Tiap-tiapwilayahdiambil2-3kecamatanyangkemudiandiambillagi5-6SMPNegeridarisetiapkecamatan.SumberdatadalampenelitianinidiambilmelaluimetodeStratificationRandomSamplingatausamplingrandombertingkat.SumberdatadalampenelitianiniadalahguruIPA(sains)pengajarmaterikimiadiSMPNegeridiKabupatenTulungagung.Sumberdatapenelitianberjumlah49gurudandiambilsecaraacakdari17SMPNegeripadatiap-tiapbagianwilayahkabupaten.Adapunprosedurdaripelaksanaanpenelitianinimeliputiempattahapyaitupralapangankegiatanlapangananalisisdatadanpenulisanlaporan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaefektivitassosialisasikurikulum2006(KTSP)diSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahcukupefektifdenganpersentase75%kondisigurudiSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahbaikdenganpersentase835%persiapankegiatanpembelajarankimiaberdasarkankurikulum2006(KTSP)yangdilakukanolehgurudiSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahbaikdenganpersentase81%pelaksanaankegiatanpembelajarankimiaberdasarkankurikulum2006(KTSP)yangdilakukanolehgurudiSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahcukupbaikdenganpersentase74%saranaprasaranapembelajarandiSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahcukupmemadaidenganpersentase65%danevaluasihasilbelajarsiswayangdilakukanolehgurudiSMPNegeriKabupatenTulungagungadalahcukupbaikdenganpersentase70%.JadikesiapanguruSMPNegeridiKabupatenTulungagungdalammelaksanakanpembelajarankimiaberdasarkankurikulum2006(KTSP)ditinjaudariberbagaifaktortersebutadalahcukupsiapdenganpersentase75%.