Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar materi pokok perubahan fisika dan perubahan kimia (reaksi kimia) siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 4 Malang / Ukhwatul Muanisah

Main Author: Muanisah, Ukhwatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21636/
Daftar Isi:
  • Modelsiklusbelajarmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangberbasispadaparadigmapembelajarankonstruktivistik.Modelsiklusbelajaryangdigunakandalampenelitianiniadalahengagementexplorationexplanationextention/elaborationdanevaluation(LC-5E).Masing-masingtahapanLC-5Emenuntutsiswauntuklebihaktifmenggalidanmemperkayapemahamanmerekaterhadapkonsep-konsepyangdipelajarisehinggasecarateoritismodelpembelajaraninidapatmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmembandingkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswaSMPN4Malangyangdiajardenganmodelsiklusbelajardengankualitasprosesdanhasilbelajarsiswayangdiajarsecarakonvensionaluntukmateripokokperubahanfisikadanperubahankimia(reaksikimia).Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimen.Populasipenelitianadalahsiswasemester1kelasVIII-AsampaidenganVIII-Fpadatahunpelajaran2007/2008denganjumlahsiswa276orangsedangkansampelnyadipilihduakelassecaraacakdenganjumlahsiswamasing-masingkelas46orangyangterdiridarikelaseksperimendenganmenggunakanmodelsiklusbelajardankelaskontroldenganmenggunakanmetodeceramah.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdigunakanuntukmengungkapkanketerlaksanaanpembelajarankeaktifanpersepsidanminatsiswaterhadappelajarankimiadanmodelsiklusbelajardananalisisdatakuantitatifdenganmenggunakanuji-tyangsebelumnyatelahdiujinormalitasdanhomogenitasnya.PenelitianinidilaksanakanpadabulanDesember2007sampaidenganbulanJanuari2008diSMPN4Malangsebanyakempatkalipertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitasprosespembelajaransiswayangdiajardenganmodelsiklusbelajarlebihbaik(8696%aktif1304%cukupaktifserta0%kurangaktif)dibandingkandengansiswayangdiajarsecarakonvensional(6957%aktif2609%cukupaktifserta435%kurangaktif).Hasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelsiklusbelajarjugalebihbaik(nilairata-ratakognitif8374dannilaipsikomotorik8913%baik1087%cukup)dibandingkandengansiswayangdiajarsecarakonvensional(nilairata-ratakognitif7539dannilaipsikomotorik1304%baik8696%cukup).PersepsidanminatsiswaterhadappelajaranIPA-Kimiadanmodelsiklusbelajarsangatpositifkarenasiswamerasatertarikmengikutipembelajaransertalebihmemahamimateriyangdipelajari.