Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar materi pokok perubahan fisika dan perubahan kimia (reaksi kimia) siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 4 Malang / Ukhwatul Muanisah
Main Author: | Muanisah, Ukhwatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21636/ |
Daftar Isi:
- Modelsiklusbelajarmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangberbasispadaparadigmapembelajarankonstruktivistik.Modelsiklusbelajaryangdigunakandalampenelitianiniadalahengagementexplorationexplanationextention/elaborationdanevaluation(LC-5E).Masing-masingtahapanLC-5Emenuntutsiswauntuklebihaktifmenggalidanmemperkayapemahamanmerekaterhadapkonsep-konsepyangdipelajarisehinggasecarateoritismodelpembelajaraninidapatmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmembandingkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswaSMPN4Malangyangdiajardenganmodelsiklusbelajardengankualitasprosesdanhasilbelajarsiswayangdiajarsecarakonvensionaluntukmateripokokperubahanfisikadanperubahankimia(reaksikimia).Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimen.Populasipenelitianadalahsiswasemester1kelasVIII-AsampaidenganVIII-Fpadatahunpelajaran2007/2008denganjumlahsiswa276orangsedangkansampelnyadipilihduakelassecaraacakdenganjumlahsiswamasing-masingkelas46orangyangterdiridarikelaseksperimendenganmenggunakanmodelsiklusbelajardankelaskontroldenganmenggunakanmetodeceramah.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdigunakanuntukmengungkapkanketerlaksanaanpembelajarankeaktifanpersepsidanminatsiswaterhadappelajarankimiadanmodelsiklusbelajardananalisisdatakuantitatifdenganmenggunakanuji-tyangsebelumnyatelahdiujinormalitasdanhomogenitasnya.PenelitianinidilaksanakanpadabulanDesember2007sampaidenganbulanJanuari2008diSMPN4Malangsebanyakempatkalipertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitasprosespembelajaransiswayangdiajardenganmodelsiklusbelajarlebihbaik(8696%aktif1304%cukupaktifserta0%kurangaktif)dibandingkandengansiswayangdiajarsecarakonvensional(6957%aktif2609%cukupaktifserta435%kurangaktif).Hasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelsiklusbelajarjugalebihbaik(nilairata-ratakognitif8374dannilaipsikomotorik8913%baik1087%cukup)dibandingkandengansiswayangdiajarsecarakonvensional(nilairata-ratakognitif7539dannilaipsikomotorik1304%baik8696%cukup).PersepsidanminatsiswaterhadappelajaranIPA-Kimiadanmodelsiklusbelajarsangatpositifkarenasiswamerasatertarikmengikutipembelajaransertalebihmemahamimateriyangdipelajari.