Efektifitas penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi / Dina Laurina

Main Author: Dina Laurina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/21628/
Daftar Isi:
  • Salahsatutujuanpendidikanadalahmeningkatkankemampuansiswauntukberpikirkritismembuatkeputusanrasionaltentangapayangdiperbuatatauapayangdiyakininya.Dalamprosesinkuirisiswabelajardandilatihbagaimanamerekaharusberpikirkritissehinggakemampuanberpikirkritissiswaakanmeningkatkarenamerekaselaludihadapkanpadasuatuinformasiyangharusmerekaanalisisdansimpulkan.Penerapanmodelinkuiriterbimbingdapatdigunakansebagaisalahsatuupayauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritis.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuipenerapanmodelinkuiriterbimbingdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXSMANPademawuPamekasanpadamateripokokReaksiOksidasidanReduksimengetahuipenerapanmodelinkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMANPademawuPamekasandanmengetahuiperolehanhasilbelajarsiswakelasXmelaluipenerapanmodelinkuiriterbimbingdiSMANPademawuPamekasan.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttestonlydanrancangandeskriptif.Rancanganpenelitianeksperimentalsemubertujuanuntukmengungkapkanhubungansebabakibatyaitujikasiswadiajardenganpembelajaranmodelinkuirimakakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaakanmeningkatdengancaramelibatkankelompokkontroldisampingkelompokeksperimental(Lemlit200350).Rancangandeskriptifbertujuanuntukmemperolehgambaransecaranyatatentangsikapsiswaterhadappembelajaraninkuiriterbimbing.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswayangsignifikanantarapembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingdanmodelkonvensionalpadapembelajarankimiamateripokokreaksioksidasireduksi.HaliniberartipenerapanpembelajaranmodelinkuiriterbimbinglebihefektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaSMANPademawuPamekasan.KualitasprosesbelajarsiswakelasXmelaluipenerapanmodelinkuiriterbimbingdiSMANPademawuPamekasanlebihtinggidibandingkandengankualitasprosesbelajarsiswakelaskontrol.Sikapsiswaterhadappembelajaranmodelinkuiriterbimbingsangatpositif.Haliniterbuktidenganpersentaseangketsikapsiswasebesar75%yangberartibahwasiswakelasXSMANPademawuPamekasanmenyukaipembelajaranmodelinkuiriterbimbing.