Efektifitas penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi / Dina Laurina
Main Author: | Dina Laurina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21628/ |
Daftar Isi:
- Salahsatutujuanpendidikanadalahmeningkatkankemampuansiswauntukberpikirkritismembuatkeputusanrasionaltentangapayangdiperbuatatauapayangdiyakininya.Dalamprosesinkuirisiswabelajardandilatihbagaimanamerekaharusberpikirkritissehinggakemampuanberpikirkritissiswaakanmeningkatkarenamerekaselaludihadapkanpadasuatuinformasiyangharusmerekaanalisisdansimpulkan.Penerapanmodelinkuiriterbimbingdapatdigunakansebagaisalahsatuupayauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritis.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuipenerapanmodelinkuiriterbimbingdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXSMANPademawuPamekasanpadamateripokokReaksiOksidasidanReduksimengetahuipenerapanmodelinkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMANPademawuPamekasandanmengetahuiperolehanhasilbelajarsiswakelasXmelaluipenerapanmodelinkuiriterbimbingdiSMANPademawuPamekasan.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttestonlydanrancangandeskriptif.Rancanganpenelitianeksperimentalsemubertujuanuntukmengungkapkanhubungansebabakibatyaitujikasiswadiajardenganpembelajaranmodelinkuirimakakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaakanmeningkatdengancaramelibatkankelompokkontroldisampingkelompokeksperimental(Lemlit200350).Rancangandeskriptifbertujuanuntukmemperolehgambaransecaranyatatentangsikapsiswaterhadappembelajaraninkuiriterbimbing.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswayangsignifikanantarapembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingdanmodelkonvensionalpadapembelajarankimiamateripokokreaksioksidasireduksi.HaliniberartipenerapanpembelajaranmodelinkuiriterbimbinglebihefektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaSMANPademawuPamekasan.KualitasprosesbelajarsiswakelasXmelaluipenerapanmodelinkuiriterbimbingdiSMANPademawuPamekasanlebihtinggidibandingkandengankualitasprosesbelajarsiswakelaskontrol.Sikapsiswaterhadappembelajaranmodelinkuiriterbimbingsangatpositif.Haliniterbuktidenganpersentaseangketsikapsiswasebesar75%yangberartibahwasiswakelasXSMANPademawuPamekasanmenyukaipembelajaranmodelinkuiriterbimbing.