Pengembangan modul perubahan fisika dan kimia untuk SMP/MTs kelas VII dengan model belajar learning cycle 5 fase sebagai penunjang kurikulum tingkat satuan pendidikan / Anissa Yustisia
Main Author: | Anissa Yustisia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21623/ |
Daftar Isi:
- Kurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)merupakankurikulumpenyempurnakurikulumsebelumnya.DiberlakukannyaKTSPmerubahpolabelajarsiswadaribehaviouristikmenjadikonstruktivistik.Perubahanpolabelajarinimenjaditantangantersendiribagiguruterlebihgurusains-kimiaSMP/MTskarenakimiamulaidiperkenalkanditingkattersebut.Olehkarenaitudibutuhkanmodulbelajaryangdapatmembantusiswauntukmemahamikonsepkimiadenganmudahdandapatmembangunpengetahuannyasecaramandiri.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdijadikanacuandalampengembanganmodulpembelajaranadalahmodelLearningCycle(LC)5fase.SejauhinibelumadamodulpembelajarankimiauntukSMP/MTsdenganmodelLC5faseyangmenggunakanKTSPsebagaiacuankurikulum.TujuanutamapenelitianpengembanganiniadalahmembuatmodulpembelajarandenganmenggunakanmodelbelajarLC5fasepadamateriperubahanfisikadankimiauntuksiswaSMP/MTskelasVIIsesuaidenganKTSP.Penelitianpengembanganinimerupakanpenelitianpengembanganproseduralyangmengacupada10langkahGalldanBorg.Namunkarenaadanyaketerbatasanwaktudandanalangkahyangdilakukanhanyasampaipadalangkahketiga.Langkah-langkahtersebutadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganmodul(3)pengembanganmodul(4)ujilapanganawal(5)merevisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanprodukhasilujilapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Validasiisidilakukanoleh1orangdosenkimiaUMdan3orangguruSMP/MTs.Instrumenpengumpulandataberupaangketdanteknikanalisisdatamenggunakananalisisrata-ratadanpersentase.Hasilpenelitianpengembanganiniadalah(1)modulpembelajaranyangterdiridaribeberapakomponenyaitucoverkatapengantarpetunjukpenggunaandaftarisidaftargambarstandarkompetensikompetensidasarindikatorpencapaianhasilbelajarkegiatanbelajar(perubahanfisikadankimiadanreaksikimiasederhana)umpanbalikkuncijawabandandaftarpustaka(2)hasilvalidasidalamskala1-4menunjukkannilairata-rata354(885%)yangtermasukdalamkriteriavalid.SehinggamodulpembelajaranyangdikembangkanlayakuntukmengajarkanmateriperubahanfisikadankimiapadasiswaSMP/MTskelasVII.