Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada materi pokok ikatan kimia / Dian Novita
Main Author: | Dian Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21586/ |
Daftar Isi:
- PembaharuankurikulumdenganmenerapkanKBKorientasipembelajaranbergeserdariteacher-orientedkestudent-oriented.Artinyaterjadipergeseranparadigmapendidikandaribehavioristikkearahkonstruktivis.Konstruktivismerupakanlandasanberpikirpembelajarankontekstual.SalahsatustrategipembelajaranyangberasosiasipendekatankontekstualadalahpembelajarankooperatifmodelTGT.Dalampembelajaraninilebihberpusatpadasiswasiswasalingbekerjasamaantarmasing-masinganggotakelompoknyauntukmenyelesaikanmasalah.Dalamprosespembelajaranterdapatsiswayangbelumtuntasdalambelajarnya.Untukmembantusiswayangbelumtuntasdalambelajarnyamakaguruperlumengadakankegiatanremidi.Kegiatanremidiakanlebihbermaknajikagurumengetahuicarabelajarmasing-masingsiswaatauyangdikenaldenganmodalitasbelajar.Denganmengetahuicarabelajarmasing-masingsiswagurudapatmengarahkansiswanyauntukbelajarsesuaidenganmodalitasmasing-masingdenganbegitusiswaakancepatdanmudahuntukmemahamisuatumateri.Penelitianinibertujuan(1)mengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatifmodelTGTpadapokokbahasanIkatanKimia(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifmodelTGTdengansiswayangdiajardenganpembelajarankonvensionalpadapokokbahasanIkatanKimia(3)mengetahuipelaksanaanremidiantararemididenganmemperhatikanmodalitasbelajarsiswadenganremiditanpamemperhatikanmodalitaspadapokokbahasanIkatanKimia.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimentalsemudandeskriptif.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXSMALaboratoriumUMMalangyangterdiridari6kelasdankelasyangdipilihsebanyakduakelasyaitukelasX4sebagaikelassampeldanX3sebagaikelaskontrol.Sampeldiambildenganteknikacak.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinimeliputiinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Untukanalisisdatadigunakanujistatistikyangmeliputiujiprasyaratanalisisdanujihipotesis.InstrumenpengukuranyangberupainstrumentesmateriIkatanKimiadantesremidiberupasoalobyektif.Hasilujicobainstrumendiperolehdatavaliditasbutirsoaluntuksoaltessebelumremidisebanyak33soaldari50soaldenganreliabilitas085sedangkanuntuktessesudahremidisebanyak30soaldari50soaldenganreliabilitas091.HasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelTGTdansiswayangdiajardenganpembelajarankonvensionalpadamateripokokikatankimiadianalisisdenganuji-tduapihakdengantarafsignifikansi005.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)pelaksanaanpembelajarankoperatifmodelTGTsiswakelaseksperimenmenjadilebihantusiasdanaktifmengajukanpertanyaan.Haliiniterlihatdaripenilaianafektifsiswakelaseksperimensetiappertemuanmengalamipeningkatandandalamkegiatandiskusimasing-masingindikatorjugamengalamipeningkatan.Berartikegiatankegiatandiskusimemberikanpengaruhpositifterhadapdirisiswadanmelatihsiswadariuntukbertanggungjawabpadadirisendiridankelompok(2)adaperbedaanbelajarantarasiswayangdiajardenganpembelajarankoperatifmodelTGTdengansiswayangdiajardenganpembelajarankonvensional.Untukkelaseksperimen6796sedanglankelaskontrol6517(3)Pelaksanaanremidiuntukkelaseksperimenyangkegiatanremidinyadenganmemperhatikanmodalitasdari13siswayangmengikutiremidisemuanyatuntaspadaremidi1sebanyak9orangsiswadanpadaremidi2sebanyak4siswasedangkandikelaskontrolkegiatanremiditanpamemperhatikanmodalitasdari18siswayangmengikutiremiditersisa3orangsiswayangbelumtuntastuntaspadaremidi1sebanyak11orangsiswadanpadaremidi2sebanyak4.