Implementasi modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berorientasi learning cycle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Malang / Fadila Utami Prasetyaningtyas
Main Author: | Fadila Utami Prasetyaningtyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21583/ |
Daftar Isi:
- Salahsatuupayapemerintahuntukmenciptakansumberdayamanusiayangberkompetendandapatbersaingsecaraglobaladalahdenganmemberlakukankurikulum2004yangberbasispadakompetensi.Dalamperubahankurikulumtersebutterjadipulaperubahanparadigmapendidikandanpembelajarandanperubahanstrukturkurikulum.PadakurikulumSMPsalahsatumatapelajaranyangmengalamiperubahanadalahmatapelajaranIPAyaitutercakupnyamaterikimia.UntukmengimplementasikankurikulumtersebuttelahdikembangkanmodulzatadiktifdanpsikotropikaolehSetiawatidengantingkatvalidasi817%tetapibelumpernahdiimplementasikanataudigunakandalamprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaanprosespembelajarandenganmodulhasilbelajarsiswayangbelajardenganmodulpersepsisiswaterhadappenggunaanmoduldalamprosespembelajarandanvalidasiempirikmodulhasilpengembanganPenelitiandilakukandenganmenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri14MalangsemesterItahunpelajaran2006/2007yangterdiridari6kelaspararelsedangkansampelpenelitianyaitukelasVIIIAsebagaikelaseksperimendenganjumlahsiswa48dankelasVIIICsebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa48.InstrumenpenelitianberupaRPPlembarobservasikeaktifansiswatesangkettentangpersepsisiswaterhadapmodulyangdigunakan.Dataketerlaksanaanprosespembelajarandanvaliditasempirikmoduldianalisissecaradeskriptifdatahasilbelajardianalisismenggunakanuji-tdengan945005dandatapersepsisiswaterhadapmoduldianalisisdenganteknikpersentase.Berdasarkanhasilpenelitianpenggunaanmoduldapatmeningkatkankeaktifansiswaselamaprosespembelajaranketuntasanbelajarsiswayangmenggunakanmodulmencapai8541%rata-ratakelas711sedangkanketuntasanbelajarsiswayangtidakmenggunakanmoduladalah6042%rata-ratakelas673denganhasiluji-tmenunjukkanhasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Persepsisiswaterhadapmodulsangatpositif.Validitasempirikmoduladalahefektifuntukdigunakandalamprosespembelajarandisekolah.Hambatanyangdialamiselamaprosespembelajaranmenggunakanmoduladalahwaktuyangdiperlukansetiapsiswadalammemahamimateriberbedasehinggauntukmenyelesaikansuatumateridiperlukanwaktuyanglebihbanyakdibandingdenganprosespembelajarantanpamenggunakanmodul.