Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan program remidi dengan memperhatikan modalitas belajar pada materi ikatan kimia kelas X di SMAN 12 Malang / Afifah Intan Rahayu
Main Author: | Afifah Intan Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21579/ |
Daftar Isi:
- PrinsipyangmendasaripenerapanKBKadalahpengembanganketerampilanhidupdanmengupayakankemandiriansiswauntukbelajarbekerjasamadanmenilaidirisendiriagarmampumembangunpemahamandanpengetahuannya.Salahsatucarauntukmencapaitujuantersebutadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Pembelajarankooperatifmampumenyediakankondisiyangmenyebabkansiswasatudenganyanglainnyasalingaktifberinteraksidanberlombauntukmeningkatkanhasilbelajarnya.PembelajarankooperatifmempunyaibeberapatipesalahsatunyaadalahTeamsGamesTournament(TGT).DalamTGTsiswamengkonstruksipemahamandanpengetahuansecaraaktifmelaluiprosesdiskusidanturnamensehinggadiharapkanmotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.BerdasarkanteoribelajartuntassiswayangbelummencapaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)harusmengikutiremidiuntukmenuntaskanbelajarnya.Siswayangbelumtuntasbelajardimungkinkanmengalamikesulitanbelajar.Salahsatupenyebabkesulitanbelajarsiswaadalahcaramengajargurutidaksesuaidenganmodalitasyangdimilikisiswa.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmelakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajarankooperatiftipeTGTyangdilanjutkandenganremiditerhadapsiswayangbelumtuntasbelajardenganmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)ApakahterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarikatankimiasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajarankonvensional(2)BagaimanakahketerlaksanaanpembelajarankimiadenganmodelkooperatifTGT(3)BagaimanakahketerlaksanaanremidiyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaPenelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMAN12MalangkelasXsemester1tahunajaran2006/2007.Sampelpenelitianterdiridari2kelompokyaitukelasX-3sebanyak42siswasebagaikelompokkontroldankelasX-4sebanyak42siswasebagaikelompokeksperimen.PadakelaseksperimendilakukanpembelajaranmodelkooperatifTGTdanremidiyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Sedangkanpadakelaskontroldilakukanpembelajarankonvensional.Instrumenyangdigunakanberupaangketmodalitasbelajarteskognitif(terdiridaripretesteshasilbelajardantessetelahremidi)lembarobservasiangketminatterhadappembelajarankooperatifTGTdanperangkatpembelajaran.Dariujicoba48soaltesprestasibelajardiperoleh25butirsoalvalidyangdigunakandengannilaireliabilitassebesar062.PerbedaanhasilbelajarikatankimiaantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldianalisisberdasarkanstatistikuji-tduapihakdenganprobabilitas005.KeterlaksanaanpengajarankimiadenganmodelkooperatifTGTdanketerlaksanaanprogramremidiyangmemperhatikanmodalitassiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)TerdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelasXSMAN12MalangyangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifTGTpadamateriikatankimiadenganhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankonvesional.(2)KeterlaksanaanmodelpembelajarankooperatifTGTberlangsungdenganbaik.Tiapkelompokmendapatkannilaibagusuntuktiapaspekpenilaianunsur-unsurdasarpembelajarankooperatifyaitupadarentang100%sampaidengan5833%.Selainiturata-ratapointurnamenpadapembelajaranTGTmeningkatpadaturnamenIketurnamenII.SiswamemberiresponpositifterhadappembelajarankooperatifTGT.SebagianbesarsiswamenjawabsangatsetujudansetujuterhadapsetiapindikatorminatsiswaterhadappembelajarankooperatifTGT.(3)Kegiatanremidiyangmemperhatikanmodalitassiswaterlaksanadenganbaikterlihatdaripeningkatanprestasibelajarsiswasetelahdilakukanremidi.Dari42siswakelaseksperimenterdapat8siswayangbelummencapaiSKMmeliputi7siswavisualdan1siswakinestetik.Setelahmenempuhprogramremidi8siswadinyatakantuntasdenganmemperolehnilaitesremididiatasSKM.