Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dan remedi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas VII SMPN 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 dalam mata pelajaran IPA materi pokok perbedaan unsur, senyawa, dan campuran / Yos
Main Author: | Yosefina Nina Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21575/ |
Daftar Isi:
- Mulaitahun2006diIndonesiadigunakanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangberlandaskanparadigmakonstruktivistik.UntukmencapaihaltersebutdigunakanmodelpembelajaraninovatifsalahsatudiantaranyaadalahmodelpembelajarankooperatifTGT(TeamsGamesTournament).SalahsatukarakteristikKTSPyangdigunakanadalahsistembelajartuntasdenganmenggunakanKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).SiswayangbelummencapaiKKMharusmengikutiremedidenganmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanakahketerlaksanaanpembelajarankimiadenganmodelpembelajarankooperatifTGT(2)ApakahterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarkimiasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankonvensional(3)BagaimanakahketerlaksanaanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaPenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri18MalangkelasVIIsemester1tahunajaran2006/2007.SampelpenelitianadalahkelasVII-FdankelasVII-Eyangdilakukansecaraacak.PadakelaseksperimendiberipengajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifTGTdanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Sedangkanpadakelaskontroldiberipengajarandenganpembelajarankonvensional.InstrumenyangdigunakanberupateskognitiflembarobservasipembelajarankooperatiflembarobservasiafektiflembarobservasipsikomotorikangketmodalitasbelajarangketminatterhadapmodelpembelajarankooperatifTGTdanperangkatpembelajaran.Dariujicobasoaltesprestasibelajardiperoleh25butirsoalvalid.PerbedaanhasilbelajarkimiaantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldianalisisberdasarkanstatistikuji-tduapihak.KeterlaksanaanpengajarankimiadenganmodelpembelajarankooperatifTGTdanketerlaksanaanprogramremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)ProsespembelajarankooperatifTGTterlaksanadenganbaik.HaltersebutdidasarkanpadaketerlaksanaanRPPpadaprosespembelajaran.KeterlaksanaanRPPmeliputiketerlaksanaanlimaaspekpembelajarankooperatifpenilaianafektifpenilaianpsikomotorikskorturnamendanminatsiswa.(2)TerdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri18MalangyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifTGTpadamateripokokPerbedaanUnsurSenyawadanCampurandenganhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankonvensional.(3)Kegiatanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaterlaksanadenganbaik.Haliniterlihatdaripeningkatanhasilbelajarsiswasetelahdilakukanpembelajaranremedi.