Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dan remedi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas VII SMPN 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 dalam mata pelajaran IPA materi pokok perbedaan unsur, senyawa, dan campuran / Yos

Main Author: Yosefina Nina Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21575/
Daftar Isi:
  • Mulaitahun2006diIndonesiadigunakanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangberlandaskanparadigmakonstruktivistik.UntukmencapaihaltersebutdigunakanmodelpembelajaraninovatifsalahsatudiantaranyaadalahmodelpembelajarankooperatifTGT(TeamsGamesTournament).SalahsatukarakteristikKTSPyangdigunakanadalahsistembelajartuntasdenganmenggunakanKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).SiswayangbelummencapaiKKMharusmengikutiremedidenganmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanakahketerlaksanaanpembelajarankimiadenganmodelpembelajarankooperatifTGT(2)ApakahterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarkimiasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankonvensional(3)BagaimanakahketerlaksanaanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaPenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri18MalangkelasVIIsemester1tahunajaran2006/2007.SampelpenelitianadalahkelasVII-FdankelasVII-Eyangdilakukansecaraacak.PadakelaseksperimendiberipengajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifTGTdanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Sedangkanpadakelaskontroldiberipengajarandenganpembelajarankonvensional.InstrumenyangdigunakanberupateskognitiflembarobservasipembelajarankooperatiflembarobservasiafektiflembarobservasipsikomotorikangketmodalitasbelajarangketminatterhadapmodelpembelajarankooperatifTGTdanperangkatpembelajaran.Dariujicobasoaltesprestasibelajardiperoleh25butirsoalvalid.PerbedaanhasilbelajarkimiaantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatifTGTdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldianalisisberdasarkanstatistikuji-tduapihak.KeterlaksanaanpengajarankimiadenganmodelpembelajarankooperatifTGTdanketerlaksanaanprogramremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswadideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)ProsespembelajarankooperatifTGTterlaksanadenganbaik.HaltersebutdidasarkanpadaketerlaksanaanRPPpadaprosespembelajaran.KeterlaksanaanRPPmeliputiketerlaksanaanlimaaspekpembelajarankooperatifpenilaianafektifpenilaianpsikomotorikskorturnamendanminatsiswa.(2)TerdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri18MalangyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifTGTpadamateripokokPerbedaanUnsurSenyawadanCampurandenganhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankonvensional.(3)Kegiatanremediyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaterlaksanadenganbaik.Haliniterlihatdaripeningkatanhasilbelajarsiswasetelahdilakukanpembelajaranremedi.