Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa pada materi perbedaan unsur senyawa, dan campuran kelas VII SMP Negeri 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Farida A

Main Author: Farida Ariani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21574/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaankurikulum2006lebihmenekankanpadapencapaianstandarkompetensidankompetensidasaryangdidasarkanpadapemberdayaansiswauntukmembangunkemampuanbekerjailmiahdanpengetahuansendiriyangdifasilitasiolehguru.Jadigurubertindaksebagaifasilitatorsedangkansiswaaktifdalampembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengantujuantersebutadalahmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Tipemodelpembelajarankooperatifinilebihberpusatpadasiswadandapatmembantusiswauntukmempunyaitanggungjawabbersamasehinggasetiapsiswadalamanggotakelompokdapatmemahamipelajarandengansalingmempelajaridanbelajardenganteman.Siswayanghasilbelajarnyabelummencapaikriteriaketuntasanminimum(KKM)perludiberikanremidi.Pembelajaranremididenganmemperhatikanmodalitasbelajarsiswaakanlebihbermaknakarenasiswaakanlebihmudahmempelajariinformasiyangsulitdenganmenggunakanmodalitasbelajarnya.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)ApakahterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarkimiasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajarankonvensional(2)BagaimanakahketerlaksanaanpembelajarankimiadenganmodelkooperatiftipeSTAD(3)Bagaimanakahketerlaksanaanremidiyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri18MalangkelasVIIsemester1tahunajaran2006/2007.Sampelpenelitianterdiridari2kelompokyaitukelasVII-DsebagaikelompokeksperimendankelasVII-Esebagaikelompokkontrol.Pemilihansampeldilakukansecaraacak.PadakelaseksperimendilakukanpembelajaranmodelkooperatiftipeSTADdanremidiyangmemperhatikanmodalitasbelajarsiswa.Sedangkanpadakelaskontroldilakukanpembelajarankonvensional.Instrumenyangdigunakanberupateskognitif(terdiridaripretesteshasilbelajardantessetelahremidi)lembarobservasiangketmodalitasbelajarangketminatterhadappembelajarankooperatiftipeSTADdanperangkatpembelajaran.Dariujicobasoalteshasilbelajardiperoleh25butirsoalvaliddengannilaireliabilitassebesar0.66AdapunanalisisdatameliputiujiprasyaratanalisisujihipotesisanalisisdeskriptifketerlaksanaanpembelajarankooperatiftipeSTADdananalisisdeskriptifketerlaksanaanpembelajaranremidi.