Studi komparasi keatifan, sikap, dan prestasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif STAD-problem posing dengan siswa pada model pembelajaran kooperatif STAD untuk pokok bahasan hidrolisis garam di kelas XI IPA SMAN 5 Malang tahun ajaran 2006/20
Main Author: | Dian Anisa Rokhmahwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21573/ |
Daftar Isi:
- PendidikandiIndonesiajauhtertinggaldarinegara-negaratetanggasepertiyangtertulisdalamHDI(HumanDevelopmentIndex)tahun2006Indonesiaberadadiurutan108dari177negaradidunia(UNDP2006).SalahsatuusahapemerintahuntukmengejarketinggalantersebutadalahmemperbaikaisistempendidikandengancaramemberlakukankurukulumbaruyangdikenaldenganistilahKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan).DalamKTSPiniterdapatlimakelompokmatapelajarandankimiatermasukdalamkelompokmatapelajaranilmupengetahuandanteknologiyangharusditempuhsiswasampaituntassebagaisalahsatumatapelajaranberdasarkankurikulumuntuksekolahmenengahatas.Ketuntasanyangdimaksudkanadalahjikaindikatoryangdisusuntelahtercapaiminimal75%(BSNP200612).UntukmencapaiketuntasantersebutselainpenguasaanmateriolehgurujugadigunakanbeberapamodelpembelajarandiantaranyaadalahpembelajarankooperatifSTADdanproblemposing.PembelajarandenganSTADmendorongsiswauntukmeningkatkankerjasamadenganoranglainkarenasalahsatutahapdalammodeliniadalahdiskusikelompokdimanasiswaharusmemecahkansoaldenganberdiskusibersamaanggotakelompoknya.Modelproblemposingdapatmeningkatkankeaktifansiswaselamaprosespembelajarankarenadalammodelinisiswadilatihuntukmembuatsoaldarikondisi-kondisiyangdiberikanolehguru.SalahsatupokokbahasandalamilmukimiayangmencakupteoridanhitunganmatematikadalahhidrolisisgaramsehinggamodelSTADdanPPmenjadimodelpembelajaranyangcocokuntukditerapkan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiperbedaankeaktifanselamaprosespembelajaranantarasiswayangmengikutimodelpembelajaranSTAD-PPdenganyangmengikutimodelpembelajaranSTAD(2)mengetahuiperbedaansikapsiswaterhadapmodelpembelajaranSTAD-PPdanpembelajaranmodelSTAD(3)mengetahuiperbedaanprestasibelajarantarasiswayangmengikutimodelpembelajaranSTAD-PPdenganyangmengikutimodelpembelajaranSTAD.Penelitianinimerupakanpenelitiandenganrancangangandayaiturancanganeksperimensemudandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmembandingkankeaktifansikapdanprestasibelajarsiswasedangkanrancangandeskriptifdigunakanuntukmendeskripsikansikapdankeaktifansiswaterhadapmodelyangditerapkan.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMAN5Malangyangterdiridari4kelas.SampeldalampenelitianinidiambildenganteknikclusterrandomsamplingdandiperolehduakelasyaitukelasXIIPA3sebagaikelaseksperimendanXIIPA1sebagaikelaskontrol.Datakeaktifandansikapdiperolehdarilembarobservasidanangketsedangkandataprestasimeliputi5%darinilaiunjukkerja10%darinilaiLKSdannilaikooperatif15%darinilailaporan20%nilaikuisdan40%nilaitesakhir.Semuainstrumenyangdigunakandalampenelitianinitelahdivalidasiisidenganhasilkevalidan100%danuntukinstrumenteshasilbelajarjugatelahdilakukanvalidasibutirsoalhasilnyadiperoleh18soalvaliddan1soaltidakvalid.Reliabilitasuntuksoalobyektifadalah066untukdanuntuksoalsubyektifadalah056masing-masingmemilikitingkatreliabilitastinggidancukup.Semuadatayangdiperolehsebelumdilakukanpengujianhipotesisterlebihdahuludilakukanujinormalitasdanujihomogenitas.KetigaujitersebutmenggunakanbantuanSPSS11.5forwindows.Hasilpengujianhipotesismenunjukkanterdapatperbedaankeaktifanselamaprosespembelajaranantarasiswadikelaseksperimendengansiswadikelaskontrol.Jumlahsiswayangaktifdikelaseksperimenadalah5367%dankontroladalah5037%.Perbedaaninijugadidukungolehketercapaiankegiatantiaptahappembelajaranpadamasing-masingkelas.Hasilangketmenunjukkantidakadaperbedaansikapsiswaterhadapmodelpembelajaranyangditerapkanbaikdikelaseksperimenmaupunkelaskontrolyaitusama-samabersikappositif.Haliniterlihatdarijumlahsiswayangbersikappositifrata-rata75%dansiswayangbersikapnegatif5%.Sikappositifsiswainijugadidukungolehketercapaianindikatorsikapyangberkualifikasibagus.Hasilanalisisujitprestasibelajarsiswamenunjukkannilaisignifikansi001005yangberartiterdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswadikelaseksperimendengansiswadikelaskontrol.Perbedaaninidiperkuatolehdatarata-rataprestasibelajarsiswayaitu8050untukkelaseksperimendan7640untukkelaskontrol.