Pengembangan paket pelatihan manajemen konflik untuk mencegah timbulnya perilaku agresif bagi siswa SMP / Anik Sri Wulan

Main Author: Wulan, Anik Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2157/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulanAnikSri.2015.PengembanganPaketPelatihanManajemenKonflikuntukMencegahTimbulnyaPerilakuAgresifbagiSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IM.HambaliM.Pd(II)IreneMayaSimonS.PdM.Pd.KataKuncipaketpelatihanmanajemenkonflikperilakuagresifsiswaSMPKonflikperselisihanpercekcokandanpertentanganmerupakanpengalamanhidupyangcukupmendasarbagimanusiakarenameskipuntidakharustetapiamatmungkinterjadidalamkehidupanindividu.Konflikterjadimanakaladalamhubunganduaorangatauduakelompokperbuatanyangsatuberlawanandenganperbuatanyanglainsehinggasalahsatuataukeduanyasalingterganggu.Konflikdapatmenimbulkankerugianyangtidaksedikitbaikhartamaupunnyawasehinggakonflikseringkalidianggapsebagaipemicutimbulnyaperilakuagresif.Berbagaibentukperilakuagresifsepertipenyeranganperkelahianbahkanpembunuhanyangdilakukandalammenghadapikonfliksebenarnyamerupakansatudarisekianstrategiuntukmemenangkanperselisihan.Konflikmerupakansesuatuyangtidakdapatdihindaridantidakperludihindarikarenajikakonflikdikeloladenganbaikkonflikbisamenjadibatuloncatandanpembelajaranbagiindividuuntukmenjadilebihdewasasertalebihcermatdalammengambilsuatukeputusan.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpenelitidengankonselorSMPNegeri21Malangdapatdiketahuibahwamasihbanyaksekalisiswayangmengelolakonfliksecaradestruktif.Selamainibelumadamediabimbingandankonselingyangdigunakanolehkonseloruntukmencegahtimbulnyaperilakuagresif.OlehkarenaituperludikembangkanpaketpelatihanmanajemenkonflikuntukmencegahtimbulnyaperilakuagresifsiswaSMP.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanpaketpelatihanmanajemenkonflikuntukmencegahtimbulnyaperilakuagresifbagisiswaSMPyangberterimasecarateoritisdanpraktisdariaspekkegunaanketepatankemudahankemenarikandanketerlaksanaan.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembangandenganmengadaptasimodelBorgandGall(1983)yangterdiridaribeberapatahapantaralain(1)pengumpulandata(2)perencanaan(3)mengembangkanprodukawal(4)ujicobaprodukawal(5)revisiprodukberdasarkansaran-sarandarihasilujilapangan(6)melakukanujicobalapanganterbatasdan(7)melakukanrevisiprodukakhir.Produkyangdihasilkanberupaduabukuyaknipanduanpelatihanmanajemenkonflikuntukkonselordanpaketpelatihanmanajemenkonflikuntuksiswa.Terdapattigatopikdidalampaketpelatihanyangdikembangkanyaitukonsepdasarkonflikkonsepdasarperilakuagresifdanmanajemenkonflik.Setiaptopikdilaksanakandenganalokasiwaktu1x40menit.Prosedurpelatihandisesuaikandengantahapanyangadadalamlangkah-langkahpelatihanyangtelahdicantumkandalampaketpelatihan.Berdasarkanhasilpengembanganpaketpelatihanmanajemenkonflikdapatditerimabaiksecarateoritismaupunpraktiskarenamemilikipenilaiandenganskorrata-ratayangdiperolehdariujiahlimateriBKsebesar345ujiahlimediasebesar371ujicalonpenggunaproduksebesar343danujikelompokkecilsebesar366.MelihathasilanalisisdatakuantitatifdankualitatifdariparaahlicalonpenggunaprodukkelompokkecildapatdisimpulkanbahwapaketpelatihanmanajemenkonflikuntukmencegahtimbulnyaperilakuagresifbagisiswaSMPberterimasecarateoritisdanpraktismenurutaspekkegunaanketepatankemudahankemenarikandanketerlaksanaan.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagikonselorsebagaicalonpenggunaprodukagarmemahamidanmempelajaripaketpelatihanmanajemenkonfliksebelummengaplikasikannyakepadasiswa.Bagisiswahendaknyasenantiasaberperanaktifdalamsetiapprosedurkegiatanpelatihanyangdilaksanakan.BagipenelitiselanjutnyaprodukhasilpenelitiandanpengembanganinidapatdilanjutkandenganpenelitianeksperimenuntukmengetahuikeefektifanpaketpelatihanmanajemenkonflikdalammencegahtimbulnyaperilakuagresifsiswaSMP.8195