Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Achievement Divisions) dalam pembelajaran materi pokok reaksi pda senyawa hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2005-2006 / oleh Fifin Hasri Wijiyanti

Main Author: Fifin Hasri Wijiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/21559/
Daftar Isi:
  • KemampuanakademiksiswayangbersifatheterogenseringmempersulitgurudalamprosesbelajarmengajarnyasehinggahaliniakanmempengaruhihasilbelajarsiswaKondisiinidapatdiatasidenganpembelajarankooperatif.DisampingitupembelajarankooperatifSTADdidugadapatmenarikminatdanperhatiansiswadalammempelajarireaksipadasenyawahidrokarbonsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADdanpembelajarankonvensionalsertauntukmengetahuisikapdanminatsiswaterhadappembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemudenganrancanganpenelitiantheposttest-onlydesignwithnonequivalentgroup.Disebutdemikiankarenarancanganpenelitianinimerupakanrancanganpenelitiandimanapenelititidakmemberikanpretespadakelompoksampeldanhanyamemberikanpostessajadiakhirpembelajaran.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXSMAN1Turentahunajaran2005-2006yangberjumlah236siswasedangkansampelyangdigunakanadalahkelasX.Eyangberjumlah20siswasebagaikelaseksperimendankelasX.Fsebagaikelaskontrolsebanyak38siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadaduayaituinstrumentesdannontes.Instrumennontesterdiridariangketlembarobservasisilabusdansistempenilaianrencanapembelajaranhand-outdanLKS.InstrumentesterdiridaritesulanganharianmateripokokreaksipadasenyawahidrokarbonyangberbentukobjektifdenganlimapilihanjawabanHasilujicobainstrumenteshasilbelajarantaralain(a)empatsoaldinyatakanmudahsatusoalsukardan20lainnyasedang(b)limasoalmemilikidayabedayangjelek(c)prosentaseuntukvaliditasisibutirsoalsebesar98%(d)datavaliditasbutirsoalmenunjukkanlimasoaltidakvalid(e)daridatareliabilitastestesprestasibelajaryangdigunakanpenelitimemilikinilairhitungsebesar0826sehinggareliabilitastestermasuktinggi.DatapenelitiandiperolehmelaluibeberapatahapanyangmeliputipengumpulandatakemampuanawaldariulanganharianredoksprosespembelajarankooperatifSTADdanpelaksanaanteshasilbelajar.Ujiprasyaratanalisisdatapenelitianmenggunakanujinormalitasdanujihomogenitas.Untukanalisisdatahasilbelajarmenggunakanuji-tsatupihakkanandengantarafsignifikansi005karenadatayangdiperolehuntukmembandingkandatahasilbelajarkelaskontroldenganeksperimensetelahdiberiperlakuansedangkanuntuksikapataupersepsidankeaktifansiswamenggunakananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianiniadalah(1)hasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADlebihbaikdibandinghasilpembelajarankonvensional(2)sebanyak60%siswabersikappositifdansebanyak40%siswabersikapsangatpositifterhadappenggunaanpembelajarankooperatiftipeSTAD(3)pembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanminatsiswadalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadisarankanpadagurukimiauntukmelaksanakanpembelajarankooperatifSTADsebagaisalahsatualternatifdalampembelajaran.