Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Achievement Divisions) dalam pembelajaran materi pokok reaksi pda senyawa hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2005-2006 / oleh Fifin Hasri Wijiyanti
Main Author: | Fifin Hasri Wijiyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21559/ |
Daftar Isi:
- KemampuanakademiksiswayangbersifatheterogenseringmempersulitgurudalamprosesbelajarmengajarnyasehinggahaliniakanmempengaruhihasilbelajarsiswaKondisiinidapatdiatasidenganpembelajarankooperatif.DisampingitupembelajarankooperatifSTADdidugadapatmenarikminatdanperhatiansiswadalammempelajarireaksipadasenyawahidrokarbonsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADdanpembelajarankonvensionalsertauntukmengetahuisikapdanminatsiswaterhadappembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemudenganrancanganpenelitiantheposttest-onlydesignwithnonequivalentgroup.Disebutdemikiankarenarancanganpenelitianinimerupakanrancanganpenelitiandimanapenelititidakmemberikanpretespadakelompoksampeldanhanyamemberikanpostessajadiakhirpembelajaran.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXSMAN1Turentahunajaran2005-2006yangberjumlah236siswasedangkansampelyangdigunakanadalahkelasX.Eyangberjumlah20siswasebagaikelaseksperimendankelasX.Fsebagaikelaskontrolsebanyak38siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadaduayaituinstrumentesdannontes.Instrumennontesterdiridariangketlembarobservasisilabusdansistempenilaianrencanapembelajaranhand-outdanLKS.InstrumentesterdiridaritesulanganharianmateripokokreaksipadasenyawahidrokarbonyangberbentukobjektifdenganlimapilihanjawabanHasilujicobainstrumenteshasilbelajarantaralain(a)empatsoaldinyatakanmudahsatusoalsukardan20lainnyasedang(b)limasoalmemilikidayabedayangjelek(c)prosentaseuntukvaliditasisibutirsoalsebesar98%(d)datavaliditasbutirsoalmenunjukkanlimasoaltidakvalid(e)daridatareliabilitastestesprestasibelajaryangdigunakanpenelitimemilikinilairhitungsebesar0826sehinggareliabilitastestermasuktinggi.DatapenelitiandiperolehmelaluibeberapatahapanyangmeliputipengumpulandatakemampuanawaldariulanganharianredoksprosespembelajarankooperatifSTADdanpelaksanaanteshasilbelajar.Ujiprasyaratanalisisdatapenelitianmenggunakanujinormalitasdanujihomogenitas.Untukanalisisdatahasilbelajarmenggunakanuji-tsatupihakkanandengantarafsignifikansi005karenadatayangdiperolehuntukmembandingkandatahasilbelajarkelaskontroldenganeksperimensetelahdiberiperlakuansedangkanuntuksikapataupersepsidankeaktifansiswamenggunakananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianiniadalah(1)hasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADlebihbaikdibandinghasilpembelajarankonvensional(2)sebanyak60%siswabersikappositifdansebanyak40%siswabersikapsangatpositifterhadappenggunaanpembelajarankooperatiftipeSTAD(3)pembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanminatsiswadalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadisarankanpadagurukimiauntukmelaksanakanpembelajarankooperatifSTADsebagaisalahsatualternatifdalampembelajaran.