Analisis kesalahan konsep termodinamika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo serta upaya menguranginya dengan strategi konflik kognitif / oleh Wahyu Purwaningtyas
Main Author: | Wahyu Purwaningtyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21556/ |
Daftar Isi:
- SalahsatutujuanmatapelajarankimiaSMAadalahmemahamikonsep.Pemahamanterhadapkonsepdasarsangatpentinggunamemahamikonsepyanglebihtinggitingkatannya.Kesulitanmemahamikonsepmemungkinkansiswamengalamikesalahankonsep.Siswamengalamikesalahankonsepbilasiswamemberikanjawabansalahpadasoalyangberbedatetapidasarkonseptualnyasama.Termokimiamerupakanmateriilmukimiayangmemilikikonsepabstraksehinggaseringkalisulituntukdipahamidanberpotensiterjadisalahkonsep.Salahsatuupayayangdiharapkanefektifuntukmengurangikesalahankonsepadalahmelaluipembelajaranremididenganstrategikonflikkognitif.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuikesalahan-kesalahankonsepyangdialamiolehsiswakelasXIdalammempelajarikonseptermokimiasebelumremididenganstrategikonflikkognitif(2)mengujikeefektifanstrategikonflikkognitifdalamupayamengurangikesalahankonsepsiswakelasXIdalammemahamikonseptermokimia.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifdaneksperimen.UntukpenelitianeksperimenrancanganyangdigunakanadalahOneGroupPreTesandPostTestGroupDesign.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri1TongasKabupatenProbolinggotahunajaran2006/2007.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenpengukurandaninstrumenperlakuan.Instrumenpengukuranberupatesobyektifsebanyak19butirsoal.Sebanyak9butirsoalobyektifdengan4alternatifjawabantersediasebanyak10butirsoalobyektifdengan4alternatifjawabantersediadan1alternatifjawabanyangdapatdiisisendiriolehsiswadandiberikanalasanpemilihanjawaban.Sebelumdilakukanpenelitianinstrumendiujicobakanterlebihdahuluyangmeliputiujivaliditasdanujireliabilitas.Hasilujicobamenunjukkanvaliditasisitessebesar098dankoefisienreliabilitasyangdiukurdenganrumuskorelasiproductmomentsebesar064.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdananalisisinferensial.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmengukurpemahamankonsepsiswadanjenis-jeniskesalahankonsepyangdialamisiswa.Analisisinferensialdigunakanuntukmengujihipotesisdandilakukandenganmenggunakanujit.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)kesalahan-kesalahankonsepyangdialamiolehsiswakelasXIdalammempelajarikonseptermokimiasebelumremididenganstrategikonflikkognitifadalah(a)reaksiendotermditandaidenganterjadinyakenaikansuhupadawaktureaksiberlangsung(terjadipada364%siswasebelumremididan182%setelahremidi)(b)reaksieksotermditandaidenganterjadinyapenurunansuhupadawaktureaksiberlangsung(terjadipada545%siswasebelumremididan227%setelahremidi)(c)reaksiendotermadalahreaksiyangmemiliki8710Hnegatif(terjadipada545%siswasebelumremididan227%setelahremidi)(d)perubahanentalpiyangmenyertaipembentukansatumolsenyawadariion-ionnyamerupakanentalpipembentukanstandar(terjadipada136%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(e)entalpipembentukanstandarterjadiapabilasuatuzatyangjumlahnyatidaksamadengan1moldibentukdariunsur-unsurpembentuknya(terjadipada136%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(f)entalpipembakaranstandarterjadiapabilasuatuzatyangjumlahnyatidaksamadengan1moldireaksikandenganO2(g)(terjadipada136%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(g)perubahanentalpiyangmenyertaipenguraian1molsenyawamenjadiunsur-unsurnyamerupakanentalpipembentukanstandar(terjadipada182%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(h)perubahanentalpiyangmenyertaipenguraian1molsenyawamenjadiion-ionnyamerupakanentalpipenguraianstandar(terjadipada182%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(i)entalpipenguraianstandarterjadiapabilasuatuzatyangjumlahnyatidaksamadengan1molteruraimenjadiunsur-unsurpembentuknya(terjadipada182%siswasebelumremididan45%setelahremidi)(j)perubahanentalpiyangmenyertaipelarutan1molsenyawamenjadiion-ionnyamerupakanentalpipenetralanstandar(terjadipada455%siswasebelumremididan91%setelahremidi)(k)perubahanentalpiyangterjadipadawaktuzatpadatdilarutkandalampelarutmerupakanentalpipelarutanstandar(terjadipada455%siswasebelumremididan91%setelahremidi)(l)perubahanentalpiyangterjadipadawaktuasamdireaksikandenganbasamerupakanentalpipelarutanstandar(terjadipada455%siswasebelumremididan91%setelahremidi)(m)perubahanentalpiyangterjadipadawaktuasamdireaksikandenganbasamenghasilkan1molairmerupakanentalpipelarutanstandar(terjadipada364%siswasebelumremididan91%setelahremidi)(n)entalpipenetralanstandarterjadiapabilasuatuasamdireaksikandengansuatubasamenghasilkanH2O(l)yangjumlahnyatidaksamadengan1mol(terjadipada364%siswasebelumremididan91%setelahremidi)(2)pembelajaranremididenganstrategikonflikkognitifefektifdalammengurangikesalahankonsepyangdialamisiswakelasXIdalammemahamikonseptermokimia.