Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi pokok bahan kimia dalam bahan makanan / oleh Eny Hidayati
Main Author: | Eny Hidayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21555/ |
Daftar Isi:
- Pendidikansaatinimasihdidominasiolehparadigmabehavioristikyangmenganggappengetahuanadalahfakta-faktayangharusdihafaldangurusebagaisumberutamapengetahuan.KBKsebagaisalahsatuupayapemerintahuntukmencapaikemajuanpendidikanberusahamengubahparadigmabehavioristikyangmasihmendominasipengajaranselamainikearahparadigmabaru(konstruktik)yangmemberikankesempatanyangsebesar-besarnyakepadasiswauntukmembangun/mengkonstruksikansendiripengetahuannya.Salahsatustrategipembelajaranyangberorientasipadapendekatankonstruktivistikadalahstrategipembelajarankooperatif.SalahsatubentukstrategipembelajarankooperatifadalahmodelGroupInvestigation(GI)yangmenuntutadanyakerjasamasiswadalamsuatukelompok.Siswadapatmelatihsikapterbukaterhadappendapatoranglain.Siswatidakmemandanglagiperbedaansebagaisebuahkendalatetapisebaliknyabisasalingmelengkapi.Modelpembelajaraninimenitikberatkanpadakemampuansiswauntukberinteraksilangsungmenggunakanbahanajarmampumembuktikansendirifenomenayangadasehinggadapatmembangunpengetahuannyasendirisedangkangurubertindaksebagaifasilitator.BerdasarkanlatarbelakangtersebutmakapenelititertarikuntukmelakukanpenelitianyangbertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategipembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarsiswadanmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatifmodelGIyangditinjaudariketercapaianunsur-unsurdasarpembelajarankooperatifafektifsiswadanresponsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)yangmelibatkanduakelasyaitukelaseksperimendankelaskontrol.KelaseksperimendiajardenganmenggunakanstrategipembelajarankooperatifmodelGIsedangkankelaskontroldiajarpendekatankonvensionalsepertiyangdilakukanolehguru-guruselamaini.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPN18Malangtahunpelajaran2005/2006yangterdiridari6kelasdenganjumlahsiswakuranglebih270orang.Sampelpenelitiandiambil2kelasdari6kelasyangadayaitukelasVIIAsebagaikelaseksperimendengan46siswadankelasVIIEdengan46siswasebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianiniterdiridari(1)PerangkatpembelajaranyangdisusunberdasarkanstrategipembelajarankooperatifmodelGI(2)Teshasilbelajar(3)AngketresponsiswaterhadappembelajarankooperatifmodelGI.Sebelumdigunakaninstrumenteshasilbelajardiujicobakanpada42siswakelasVIIISMPN18Malang.Dariujicobainstrumendiperolehreliabilitasteshasilbelajarsebesar0885.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkannilairata-ratatesmateripokokbahankimiadalambahanmakananuntukkeduakelompokkemudiandilanjutkandengananalisismenggunakanujit.Darihasilpenelitianyangdiperolehdapatdisimpulkan(1)Hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitunilairata-ratakelaseksperimensebesar78denganketuntasanbelajarmencapai85%dannilairata-ratakelaskontrolsebesar70(2)PelaksanaanpembelajarankooperatifmodelGIdapatdilihatdarihasilobservasiketerlaksanaanunsur-unsurpembelajarankooperatifhasilpenilaianafektifsiswadanhasilresponsiswaterhadappembelajarankooperatifmodelGI.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswalebihtermotivasitertarikuntukmelakukanpenyelidikanhal-halyangbarumampumenghargaipendapatsiswalaindanberanimengemukakanpendapatdenganadanyapresentasi.PembelajarankooperatifmodelGIcukupefektifuntukdijadikanmodelpembelajaranalternatifdalamrangkaperbaikanstrategibelajarmakadisarankanbagigurusainskimiauntukmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGIdalampembelajaranuntukmeningkatkanmutupendidikan.dandiharapkandilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelGIpadamaterilaindanmembandingkandenganmodellaindalampembelajarankooperatif.