Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi pokok bahan kimia dalam bahan makanan / oleh Eny Hidayati

Main Author: Eny Hidayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21555/
Daftar Isi:
  • Pendidikansaatinimasihdidominasiolehparadigmabehavioristikyangmenganggappengetahuanadalahfakta-faktayangharusdihafaldangurusebagaisumberutamapengetahuan.KBKsebagaisalahsatuupayapemerintahuntukmencapaikemajuanpendidikanberusahamengubahparadigmabehavioristikyangmasihmendominasipengajaranselamainikearahparadigmabaru(konstruktik)yangmemberikankesempatanyangsebesar-besarnyakepadasiswauntukmembangun/mengkonstruksikansendiripengetahuannya.Salahsatustrategipembelajaranyangberorientasipadapendekatankonstruktivistikadalahstrategipembelajarankooperatif.SalahsatubentukstrategipembelajarankooperatifadalahmodelGroupInvestigation(GI)yangmenuntutadanyakerjasamasiswadalamsuatukelompok.Siswadapatmelatihsikapterbukaterhadappendapatoranglain.Siswatidakmemandanglagiperbedaansebagaisebuahkendalatetapisebaliknyabisasalingmelengkapi.Modelpembelajaraninimenitikberatkanpadakemampuansiswauntukberinteraksilangsungmenggunakanbahanajarmampumembuktikansendirifenomenayangadasehinggadapatmembangunpengetahuannyasendirisedangkangurubertindaksebagaifasilitator.BerdasarkanlatarbelakangtersebutmakapenelititertarikuntukmelakukanpenelitianyangbertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategipembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarsiswadanmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatifmodelGIyangditinjaudariketercapaianunsur-unsurdasarpembelajarankooperatifafektifsiswadanresponsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)yangmelibatkanduakelasyaitukelaseksperimendankelaskontrol.KelaseksperimendiajardenganmenggunakanstrategipembelajarankooperatifmodelGIsedangkankelaskontroldiajarpendekatankonvensionalsepertiyangdilakukanolehguru-guruselamaini.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPN18Malangtahunpelajaran2005/2006yangterdiridari6kelasdenganjumlahsiswakuranglebih270orang.Sampelpenelitiandiambil2kelasdari6kelasyangadayaitukelasVIIAsebagaikelaseksperimendengan46siswadankelasVIIEdengan46siswasebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianiniterdiridari(1)PerangkatpembelajaranyangdisusunberdasarkanstrategipembelajarankooperatifmodelGI(2)Teshasilbelajar(3)AngketresponsiswaterhadappembelajarankooperatifmodelGI.Sebelumdigunakaninstrumenteshasilbelajardiujicobakanpada42siswakelasVIIISMPN18Malang.Dariujicobainstrumendiperolehreliabilitasteshasilbelajarsebesar0885.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkannilairata-ratatesmateripokokbahankimiadalambahanmakananuntukkeduakelompokkemudiandilanjutkandengananalisismenggunakanujit.Darihasilpenelitianyangdiperolehdapatdisimpulkan(1)Hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitunilairata-ratakelaseksperimensebesar78denganketuntasanbelajarmencapai85%dannilairata-ratakelaskontrolsebesar70(2)PelaksanaanpembelajarankooperatifmodelGIdapatdilihatdarihasilobservasiketerlaksanaanunsur-unsurpembelajarankooperatifhasilpenilaianafektifsiswadanhasilresponsiswaterhadappembelajarankooperatifmodelGI.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswalebihtermotivasitertarikuntukmelakukanpenyelidikanhal-halyangbarumampumenghargaipendapatsiswalaindanberanimengemukakanpendapatdenganadanyapresentasi.PembelajarankooperatifmodelGIcukupefektifuntukdijadikanmodelpembelajaranalternatifdalamrangkaperbaikanstrategibelajarmakadisarankanbagigurusainskimiauntukmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGIdalampembelajaranuntukmeningkatkanmutupendidikan.dandiharapkandilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelGIpadamaterilaindanmembandingkandenganmodellaindalampembelajarankooperatif.